Transportasi

Frekuensi KRL Bogor dan Cikarang-Manggarai Ditambah, Cegah Kepadatan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menambah perjalanan KRL rute Bogor-Manggarai dan Cikarang-Manggarai mulai Minggu (12/7). Kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan di dalam gerbong dalam rangka mencegah penularan corona.
Hari ini, terdapat dua jadwal pemberangkatan kereta luar biasa (KLB) KRL pada pagi hari dari Stasiun Bogor-Manggarai dan 1 KRL dari Stasiun Cikarang-Manggarai. Terdapat pula tambahan KRL pada jam sibuk, yakni sore hingga malam hari dengan tujuan akhir Stasiun Cikarang.
“Rekayasa pola operasi ini sebelumnya sudah dilakukan di lintas Tangerang-Duri PP sehingga terdapat tambahan 10 perjalanan. Dengan demikian, mulai Senin (13/7), PT KCI mengoperasikan 962 perjalanan KRL per hari,” kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, dalam keterangan pers, Minggu (12/7/2020).
Untuk mencegah kontak fisik, PT KCI juga mewajibkan Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, dan Stasiun Cikarang sebagai stasiun khusus Kartu Multi Trip (KMT) mulai Senin.
Pada masa uji coba ini, setiap hari Senin, ketiga stasiun tersebut tidak lagi melayani transaksi pembelian dan isi ulang Tiket Harian Berjaminan (THB).
“Namun untuk tap out/keluar menggunakan THB masih dimungkinkan dan pengguna THB Pergi-Pulang juga dapat melakukan tap in untuk perjalanan pulangnya,” tutur Anne.
“Dengan uji coba Stasiun Khusus KMT ini, pengguna dapat naik KRL menggunakan KMT, kartu uang elektronik bank yang telah bekerja sama dengan KCI, dan tiket kode QR Link Aja. Penetapan stasiun KMT ini selain mengurai antrean THB juga untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19 dari transaksi dengan uang tunai yang sering berpindah tangan,” sambungnya.
Anne memastikan pengguna KRL dibatasi hingga maksimal 74 orang per gerbong. PT KCI juga berkala menggelar rapid test maupun swab test berkala di berbagai stasiun.
PT KCI juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah di sejumlah wilayah dan pemerintah pusat untuk menyiapkan bus sebagai alternatif transportasi saat antrean KRL membludak. Mulai Senin, jumlah bus bantuan akan bertambah menjadi 170 unit. Dari Stasiun Bogor ke sejumlah stasiun tujuan di Jakarta akan tersedia 140 unit bus, ditambah 10 unit dengan titik keberangkatan di Botani Square Bogor. Dari Stasiun Cikarang, juga tersedia 20 unit bus tujuan Jakarta.
KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close