FPI Tak Terdaftar sebagai Ormas di Kemendagri

FPI Tak Terdaftar sebagai Ormas di Kemendagri

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kapuspen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benny Irwan mengungkapkan Front Pembela Islam (FPI) saat ini sudah tidak terdaftar sebagai ormas di Kemendagri. Karena status terdaftar FPI sudah berakhir pada Juni 2019.

"FPI pernah terdaftar sebagai salah satu ormas di Kementerian Dalam Negeri, dan terakhir status terdaftarnya berakhir pada Juni 2019," ujar Benny Irwan, Jumat (20/11/2020).

Menurut Benny, masa berlaku FPI sebagai ormas tidak diperpanjang karena terdapat syarat yang masih belum bisa dipenuhi oleh ormas yang dikomandoi Rizieq Shihab itu.

Atas pertimbangan itu, Benny mengatakan FPI tidak terdaftar sebagai ormas di Kemendagri.

"FPI mengajukan perpanjangan, namun Surat Keterangan Terdaftar (SKT) belum bisa diperpanjang karena masih terdapat persyaratan yang belum dipenuhi dan dengan itu, FPI menyatakan untuk tidak memperpanjang SKT karena belum bisa memenuhi persyaratan," jelasnya. 

Pengurusan masa berlaku FPI sebagai ormas saat ini juga dikaji oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan rekomendasi pihaknya soal Surat Keterangan Terdaftar (SKT) untuk FPI sudah final. Menurutnya, rekomendasi itu bisa dilanjutkan ke proses permohonan SKT selanjutnya.

"Kami udah mengkaji, kami udah final, memang ada proses selanjutnya," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019). (Jo)