Internasional

Fokus Tangani Virus Corona, Arab 2 Minggu Hentikan Serangan ke Houthi

RIYADH, SENAYANPOST.com – Virus corona ternyata bisa menghentikan peperangan. Setidaknya itulah yang terjadi pada konflik Arab-Houthi.

Demi mengatasi serangan virus corona, koalisi militer yang dipimpin Riyadh menyepakati gencatan senjata selama 2 minggu ke pemberontak Houthi di Yaman

Gencatan senjata sepihak ini dimulai pada Kamis (9/4/2020).

PBB sendiri telah menyerukan kedua pihak untuk menghentikan serangan, demi melindungi warga sipil Yaman yang merupakan negara miskin, dari ancaman Covid-19.

Keputusan ini menandai terobosan pertama sejak pihak-pihak yang bertikai memyetujui gencatan senjata yang diperantarai PBB di Swedia pada akhir 2018.

“Koalisi telah menentukan untuk mendukung upaya melawan penyebaran pandemi Covid-19,” kata juru bicara aliansi militer, Turki al-Maliki, dikutip dari AFP Rabu (8/4/2020).
“Koalisi mengumumkan gencatan senjata komprehensif di Yaman untuk jangka waktu dua minggu mulai Kamis,” lanjutnya.

AFP mengabarkan, gencata senjata dua minggu yang bisa diperpanjang ini bertujuan menciptakan “kondisi yang tepat” untuk pertemuan yang digelar PBB.

Maliki menambahkan, pihak-pihak yang bertikai akan dipertemukan PBB untuk melakukan gencatan senjata permanen di Yaman.

Para pemberontak -yang berpihak kepada Iran- belum menanggapi keputusan ini. Tetapi beberapa jam sebelum pengumuman, para pemberontak merilis sebuah dokumen komprehensif yang menyerukan penarikan pasukan asing dan mengakhiri blokade koalisi di darat, laut, dan bandara Yaman.

Koalisi, yang meluncurkan invasi militernya untuk mendukung pemerintah Yaman yang diakui secara internasional pada 2015, mengatakan pihaknya berkomitmen penuh untuk gencatan senjata 2 minggu. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close