Olahraga

Fokus ke ABG, Indonesia Mundur dari Pencalonan Tuan Rumah World Beach Games

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Indonesia mundur dari pencalonan sebagai tuan rumah World Beach Games (WBG) 2021 yang pelaksanaannya diundur ke 2023. Hal ini karena Indonesia memilih menjadi tuan rumah kejuaraan multi event Asian Beach Games (ABG) 2023.

“Untuk (pencalonan) tuan rumah WBG kita sudah pastikan mundur. Surat juga kita sudah sampaikan ke ANOC (Association Of National Olympic Committees) sebelum Covid-19 merebak. Kita fokus ke ABG,” kata Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dalam perbincangan dengan media di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Menurut dia, penentuan tuan rumah ABG 2023 tetap menggunakan mekanisme bidding, namun ia optimistis karena pihak Dewan Olimpiade Asia (OCA) sudah memberi lampu hijau untuk mendukung Indonesia menjadi tuan rumah olahraga pantai itu.

Terkait dengan lokasi, pria yang akrab dipanggil Okto itu mengaku mengajukan tiga tempat selain pulau Jawa yaitu Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Hanya saja Sulawesi menjadi kandidat paling kuat.

Ditanya kenapa lebih memilih ABG dibandingkan World Beach Games, Okto mengatakan jika ada beberapa pertimbangan. Apalagi pada awalnya WBG digelar September 2020 sebelum akhirnya ditunda hingga 2023 setelah Olimpiade Tokyo ditunda.

“ABG cabang olahraga dan pesertanya lebih banyak. Sedangkan WBG lebih ketat. Itu salah satu pertimbangannya. Selain itu saya kira masalah persiapan jika WBG digelar September,” kata pria yang juga seorang pengusaha itu.

Untuk negara pesaing menjadi tuan rumah ABG 2023, pria yang juga Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) mengaku belum mengetahui secara detail, namun ia optimistis Indonesia bisa menjadi tuan rumah.

Jika Indonesia benar-benar ditunjuk menjadi tuan rumah ABG 2023, maka itu akan menjadi yang kedua kalinya bagi negara kepulauan itu. Sebelumnya Indonesia menjadi tuan rumah ABG 2008 di Bali.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close