Film Petualangan Sherina 2 Bakal Tayang 2021

Film Petualangan Sherina 2 Bakal Tayang 2021
Petualangan Sherina 2

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Setelah berbagai rumor, Miles Films akhirnya mengonfirmasi bahwa film Petualangan Sherina 2 sedang diproduksi dan dijadwalkan tayang pada 2021 mendatang.

"Kan kemarin sempat viral ya, tapi hari ini secara resmi kami sampaikan ke semuanya, Petualangan Sherina 2 segera berpetualang 2021," kata Mira Lesmana dalam konferensi pers virtual pada Jumat (30/10).

Di saat bersamaan, akun Instagram milik Miles Films juga mengunggah video teaser di mana dua pemeran utama Petualangan Sherina, yakni Sherina Munaf dan Derby Romero, bertemu kembali sambil menggendong tas ransel di punggungnya.

"SHERINA AND SADAM ARE BACK! Sherina dan Sadam akan kembali bertualang dalam film Petualangan Sherina 2," tulis @milesfilms dalam kolom komentarnya.

Sekuel film keluarga legendaris tersebut akan kembali disutradarai oleh Riri Riza dan akan diproduseri Mira Lesmana. Hampir semua kru inti dari sekuel ini merupakan orang-orang yang juga menggarap film Petualangan Sherina pertama.

Selain itu, Sherina juga akan terlibat di belakang layar, yaitu dalam pengembangan cerita, dan menjadi komposer serta penata musik untuk menggantikan posisi almarhum gurunya, Elfa Secioria.

Kakak kandung Sherina, Virania Munaf, juga akan terlibat dalam pengembangan cerita dan turut membantu penulisan skenario film bersama Jujur Prananto, Mira, dan Riri.

Saat ini, Petualangan Sherina 2 sedang memasuki tahap casting akhir dan persiapan rekaman musik serta koreografi. Mira berharap proses syuting bisa dimulai pada Maret-April 2021.

"Sherina udah menyelesaikan lagu-lagunya. Sekarang sedang tahap akhir persiapan recording, dan masuk koreografi. Kami harap bisa menayangkan jelang akhir 2021," ucap Mira di konferensi pers virtual.

Selain mengonfirmasi sekuel Petualangan Sherina, Mira Lesmana juga mengumumkan rencana perilisan film animasi Petualangan Sherina.

"Film animasi ini akan kembali mengisahkan perkenalan pertama Sherina dan Sadam ke penonton anak-anak hari ini dalam bentuk animasi yang menggemaskan," demikian pengumuman Miles Films melalui Instagram.

Persiapan film panjang animasi ini sudah dimulai sejak Mei 2020. Saat ini, film tersebut sudah memasuki tahap akhir pengembangan desain animasi karakter-karakter yang ada dalam cerita Petualangan Sherina.

Dalam proses produksi animasi Petualangan Sherina, Miles Animation menggaet studio Langit Animasi di Jakarta sebagai Project Leader yang berkolaborasi dengan Hompimpa Animation dari Surabaya dan Afterlab dari Bandung.

Film Animasi Petualangan Sherina juga diharapkan bisa dinikmati di bioskop pada akhir 2021. PetualanganSherina sendiri merupakan salah satu film legendaris dalam dunia perfilman Indonesia.

Film ini, bersama dengan Ada Apa dengan Cinta? yang juga diproduksi oleh Mira Lesmana pada 2002, merupakan dua film yang dianggap sebagai tanda kebangkitan film lokal dari mati suri di dekade '90-an.

Petualangan Sherina mendapatkan kesuksesan, baik secara komersial maupun di ajang penghargaan. Film ini juga memenangkan Penghargaan Khusus Dewan Juri dalam ajang Asia Pacific Film Festival pada 2000.

Film ini juga meraih tiga nominasi Piala Citra pada 2004 untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik (Derby Romero), Pemeran Pembantu Pria Terbaik (Djaduk Ferianto), Tata Musik Terbaik (Elfa Secioria).

Kini, Mira dan Riri pun berharap Petualangan Sherina dapat kembali membangkitkan industri perfilman yang sempat tercekik pandemi Covid-19.

"Dulu Petualangan Sherina juga disebut sebagai film yang bisa bawa penonton lagi ke bioskop. Sekarang, kita pengin seperti itu lagi," kata Mira.

Ia kemudian berkata, "Bioskop will be back. Keadaan akan baik. Kita akan baik-baik saja. Kita akan bisa lagi menikmati film untuk keluarga di bioskop."