Film

Film ‘Bayang’ Wakili Indonesia di Festival Film Jepang

KYOTO, SENAYANPOST.com – Kyoto International Film Festival (KIFF) 2018 tengah digelar di Kyoto, Jepang, dan berlangsung pada 11-14 Oktober 2018.

Di festival yang memadukan film dengan musik tersebut, ada satu film Indonesia yang mendapat ‘Special Invitation Film’, yakni ‘Bayang’. Film tersebut garapan sutradara Alfrits John Robert.

Film ini diputar pada 13 Oktober 2018. Sutradara, para bintang pendukung dan juga kru ikut menghadiri pemutaran film tersebut. Sementara Alfrits mengaku senang karena mendapatkan respons baik dari publik Jepang.

“Lega banget, lancar semuanya. Lihat reaksinya senang,” katanya saat berbincang di Toho Cinemas Nijo, Kyoto, Jepang.

Sutradara Alfrits John Robert

Diakui Alfrits, filmnya ini memang sangat sederhana. Film Bayang dibuat juga dengan biaya yang tidak besar. Namun, dirinya sangat bersyukur karena filmnya berhasil terpilih mewakili Indonesia di ajang KIFF 2018.

Alfrits mengatakan, film ‘Bayang’ dia garap untuk merayakan 60 tahun hubungan Jepang dengan Indonesia.
“Syuting mostly banyak di Jakarta, syuting Jepang itu di Kyoto dan Osaka. Lima hari di sana. Ini tribute untuk Yasujirō Ozu, ceritanya not commercial,” ujarnya.

Alfrits menjelaskan, ia terinspirasi Joko Anwar saat membuat film ‘A Copy of Mind’. Anggaran film ini juga rendah tapi sukses di festival film luar negeri.

“Terinspirasi Bang Joko Anwar. Kita ini biaya produksinya sekitar Rp350 juta atau Rp400 juta. Krunya juga enggak banyak,” ujar pria berkacamata itu.

Sekadar informasi, untuk pertama kalinya film Indonesia diputar di ajang yang sudah berjalan selama lima kali. Dan ini menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Alfrits dan tim.

“Pasti (bangga) dan senang. Lebih istimewa lagi, ini di Kyoto, di mana lahirnya film Jepang,” ujarnya.

Selain Joko Anwar, Alfrits juga tercambuk untuk membuat film bagus karena sutradara film Jepang, Yasujiro Ozu.

“Saya sempat kecewa di film tapi bangkit karena Ozu (sutradara Jepang). Ia menginspirasi saya dan film ini saya dedikasikan untuknya,” ujar Alfrits.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close