Internasional

Filipina Siap Terima Muslim Rohingya

MANILA, SENAYANPOST.com – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan bahwa apa yang dialami warga muslim Rohingya di Myanmar merupakan sebuah genosida. Duterte pun mengatakan siap menerima pengungsi asalkan negara Eropa turut membantu.

Dalam sebuah pidato di hadapan para petani dan pejabat pertanian di istana kepresidenan mengatakan kekecewaannya terhadap pemerintahan Myanmar.

“Saya merasa sangat kasihan kepada orang-orang di sana (Myanmar). Saya bersedia menerima pengungsi Rohingya. Ya, saya akan membantu tetapi kami harus membaginya dengan Eropa,” kata Duterte, Kamis (5/4).

Duterte juga menyindir komunitas internasional yang menurutnya telah gagal dalam menyelesaikan permasalahan Rohingya di Myanmar.

“Mereka (masyarakat internasional) bahkan tidak dapat memecahkan masalah di Myanmar. Itulah genosida, jika boleh saya katakan demikian,” ungkap Duterte dikutip dari SCMP.
Sementara itu, menanggapi komentar Duterte, juru bicara pemerintah Myanmar, Zaw Htay menyebut Presiden Filipina yang baru saja keluar dari keanggotaan Mahkamah Kriminal Internasional itu tidak memahami situasi sebenarnya.

“Dia tidak tahu apa-apa soal Myanmar. Semua tahu orang itu selalu berbicara tanpa bisa menahan diri. Itulah sebabnya dia mengatakan hal itu,” ujar Htay mengkritik Duterte.

Sejumlah negara maupun organisasi kemanusiaan internasional telah banyak yang menyebut apa yang terjadi di Myanmar terhadap etnis minoritas Rohingya sebagai genosida. Namun tuduhan itu selalu dibantah oleh Myanmar.

Pernyataan yang disampaikan Presiden Duterte itu terbilang cukup berani karena menyinggung permasalahan dan mengkritik pemerintah di negara tetangga.

Dalam Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) terdapat konvensi untuk menahan saling kritik terhadap sesama negara anggota, di mana Filipina dan Myanmar adalah negara ASEAN. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close