Ekonomi

FIFGROUP Siapkan Akses Pembiayaan Masyarakat Kecil ke Lembaga Keuangan

AMBON, SENAYANPOST.com – Direktur FIFGROUP Sutjahja Nugroho mengungkapkan, pertumbuhan perusahaan pembiayaan FIFGROUP tentunya tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh masyarakat.

Karena itu perusahaan ini mengembalikan sebagian keuntungannya kepada masyarakat melalui program CSR FIFGROUP Peduli yang memiliki 4 pilar. Keempat pilar itu terdiri dari kepedulian FIFGROUP pada pendidikan, kesehatan, lingkungan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Untuk pilar pendidikan di antaranya pelatihan guru, FIFGROUP berbagi ilmu, pemberian bantuan sarana atau prasarana pendidikan, dan beasiswa bagi yang membutuhkan,” kata Sutjahja Nugroho, dalam siaran pers yang diterima Senayanpost.com, Kamis (9/5/2019) malam.

CSR pilar kesehatan, lanjut Nunu, panggilan Sutjahja Nugrono, di antaranya pelaksanaan donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan posyandu di berbagai daerah di Indonesia.

“Pilar lingkungan di antaranya penanaman pohon dan bersih-bersih rumah ibadah. Sedangkan untuk pilar pemberdayaan ekonomi masyarakat, di antaranya dana bergulir dan pelatihan UMKM,” jelas Nunu.

Ia menambahkan, peresmian Bank Wakaf Mikro (BWM) Al Anshor Peduli di Ambon, Maluku, merupakan bentuk nyata kepedulian Astra International dan FIFGROUP untuk ikut membina dan mengembangkan UKM di daerah, salah satunya Ambon.

Menurutnya, FIFGROUP sangat konsens untuk membantu dan memberdayakan ekonomi masyarakat di berbagai daerah. Salah satunya melalui pengembangan BMW dan ekonomi masyarakat berbasis pondok pesantren di Indonesia.

“BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal,” kata Nunu.

Turut hadiri dalam acara peresmian BWM Al Andhor Ambon, adalah Walikota Maluku Richard Louhenapessy, Chief Corporate Affairs Astra Pongki Pamungkas, pimpinan Pondok Pesantren Al Anshor Maluku Abu Inam A Rohim Rumbara, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Maluku dan Manajemen dan Eksekutif Grup Astra.

Hingga Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 45 bank wakaf mikro. “Pada tahun 2018-2019 ini, Astra bersama anak perusahaan yang tergabung dalam Astra Financial berkomitmen menjadi donatur pendirian 10 Bank Wakaf Mikro di beberapa Provinsi di Indonesia,” tandas Nunu. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close