Ekonomi

FIFGROUP akan Selalu Ada di Tengah Masyarakat

KEHADIRAN PT Federal International Finance (FIFGROUP) di tengah-tengah masyarakat saat menggelar program corporate social responsibility (CSR), sebenarnya adalah bentuk apresiasi kembali dari perusahaan kepada masyarakat.

Menejemen anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan ini mengakui, mereka tidak akan bisa bertahan dalam berbisnis hingga hitungan 30 tahun jika tidak ada kepercayaan dari masyarakat.

“Jika masyarakat sangat mempercayai kita, kitapun harus memberikan kepercayaan, yang minimal sama kepada masyarakat. Bentuk kepercayaan kita adalah memberikan sebagaian keuntungan bisnis kita untuk mendukung kebutuhan masyarakat bersama,” kata Chief Executive Officer FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, belum lama ini di Jakarta.

Margono mengakui, apa yang diberikan perusahaan kepada masyarakat saat ini mungkin belum bisa dirasakan semua kalangan masyarakat dan belum berarti apa-apa. Tetapi setidaknya, lanjut Margono, ada tanggung jawab moral dari perusahaan yang kembali bisa dinikmati masyarakat.

“Kami akan terus berusaha untuk memenuhi semuanya, tentunya semua itu kita sesuaikan dengan kemampuan dan alokasi pendanaan yang ada,” kata Margono.

Penjelasan Margono ini diaminkan Direktur Human Capital, General Service, dan Corporate Communication FIFGROUP, Sutjahja Nugroho. Menurut Nunu, panggilan akrabnya, alokasi bantuan perusahaan kepada masyarakat melalui kegiatan CSR, memiliki aturan dan pengalokasian dana yang sudah ditetapkan.

“Kami memiliki empat pilar program CSR, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kami harus bisa menjalankan keempat pilar ini secara bersama-sama dan merata di seluruh Tanah Air,” kata Nunu.

Bahkan, lanjunya, jika terjadi musibah atau bencana alam di suatu daerah, FIFGROUP senantiasa menjadi perusahaan swasta yang pertama kali hadir di tengah-tengah kesedihan yang dialami masyarakat dan pertama kali memberikan bantuan guna meringankan beban yang diderita korban bencana.

“Ini semua kami lakukan karena kami menyadari, kami adalah milik masyarakat dan kami bisa tumbuh besar seperti ini karena dukungan masyarakat,” tambahnya.

Sebagai perusahaan pembiayaan yang telah menjadi bagian dari masyarakat, tentunya bantuan dari program CSR FIFGROUP ini harus tepat sasaran dan memiliki pola penyaluran yang sistematis. Hal ini dibenarkan Chief Corporate Communication & EHSSR FIFGROUP, Yulian Warman. Menurutnya, pihaknya memiliki tim tersendiri yang akan melakukan survei di lapangan dan bekerjasama dengan kantor cabang.

“Dengan adanya tim yang solid ini, apa yang kami berikan kepada masyarakat bisa tepat sasaran. Sehingga 230 cabang yang kami miliki semua bisa menyerahkan bantuan untuk masyarakat,” katanya.

Yulian Warman mencontohkan, setiap kantor cabang FIFGROUP memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan CSR bagi lingkungan sekitar. “Mungkin ini sederhana, namun ini adalah bentuk rasa memiliki dari masyarakat kepada kami, dan sebaliknya,” tambahnya.

Yulian menambahkan, keempat pilar program CSR itu juga menyasar hal-hal yang selama ini luput dari perhatian banyak kalangan. Seperti bantuan yang diserahkan kepada Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Daksa (BBRVPD) kota Cibinong pada pertengahan bulan Maret lalu.

Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap penyandang disabilitas, menurut Yulian, kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para disabilitas dengan pengenalan pembiayaan, otomotif, keuangan, keselamatan kesehatan kerja dan ilmu komputer.

“Mungkin selama ini mereka tidak akan membayangkan bisa mendapat kesempatan mengikuti pelatihan dan akhirnya memiliki kemampuan yang sama dengan orang yang sehat secara jasmani. Ini tentu akan bisa membangkitkan semangat para penyandang disabilitas,” kata Yulian.

Ungkapan rasa bangga dan senang saat menerima bantuan dari FIFGROUP, juga diungkapkan Department Head Of Corporate Social Responsibility, Kinalson Tarigan. Ia mengungkapkan, pengelola Yayasan Anak Yatim Panti Asuhan Irma, Mampang Prapatan, Jaksel, berulang kali menyampaikan terima kasih atas bantuan bagi yayasan dan anak yatim saat berbuka puasa bersama dengan Jurnalis FIFGROUP Community (JFC).

“Kita ikut bangga dan senang, sekaligus terharu, bisa meringankan beban mereka,” kata Kinalson.

Karena itu, tambahnya, empat pilat Progam CSR FIFGROUP diprioritaskan sesuai kebutuhan masyarakat, yang memang benar-benar membutuhkan, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan. Namun dari segi penggunaan dana yang terbesar adalah pendidikan dan kesehatan.

Untuk pilar pendidikan, bantuan diberikan bisa dalam bentuk pelatihan guru, FIFGROUP berbagi ilmu, bantuan sarana atau prasarana dan beasiswa bagi yang membutuhkan.

Untuk pilar kesehatan, FIFGROUP menggelar donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan Posyandu yang digelar di seluruh daerah di Indonesia.

Sedangkan di pilar lingkungan, FIFGROUP menggelar tanam pohon dan bersih-bersih rumah ibadah. Untuk pilar yang terakhir adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat di antaranya dana bergulir dan pelatihan UMKM.

“Apa yang kami lakukan sesuai dengan misi FIFGROUP, membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat,” katanya. (Joko Sriyono)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close