Lintas Daerah

Festival Rujak Uleg Surabaya 2019 Pecahkan Dua Rekor MURI

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Festival Rujak Uleg 2019 yang digelar Pemerintah Kota Surabaya dalam rangka HUT ke-726 Kota Pahlawan di kawasan Kembang Jepun, Surabaya, Minggu (17/3/2019), memecahkan dua rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yakni yaitu cobek terbesar dan peserta terbanyak.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan khusus untuk cobek terbesar, Pemkot Surabaya kali ini menggunakan cobek raksasa yang terbuat dari Batu Gunung dengan diameter 250 cm, berat 1,5 ton, tinggi cobek 30 cm, tinggi dudukan cobek 140 cm. Cobek ini dapat digunakan sebanyak 20-25 orang.

“Rekor cobek terbesar ini baru pertama yang didapatkan oleh Pemkot Surabaya,” kata Antiek.

Sedangkan untuk peserta yang ikut dalam festival kali ini, kata dia, ternyata membengkak, dimana awalnya panitia hanya menerima sebanyak 1.692 orang, namun karena antusias para peserta yang tinggi, akhirnya dibuka lagi hingga mencapai 1.800 lebih.

“Kalau kita tidak tutup, pesertanya pasti lebih banyak lagi. Rekor peserta terbanyak ini, kami memecahkan Rekor MURI sebelumnya, yang mana dulu tahun 2013 kami sudah mendapatkan Rekor MURI dengan peserta 1.300, tapi kali ini 1.800 lebih,” kata dia.

Antiek juga bersyukur bahwa antusias para peserta dan warga yang menyaksikan festival itu sangat tinggi. Ia juga menjelaskan bahwa para peserta yang banyak itu kemudian dipilih 60 besar yang terbaik. Adapun 60 besar dari perwakilan grup itu mendapatkan uang pembinaan dan selanjutnya dipilih lagi menjadi 12 grup juara festival.

Wali Kota Risma mengatakan tahun lalu Pemkot Surabaya tidak bisa menggelar Festival Rujak Uleg karena ada teror bom bunuh diri di tiga lokasi di Surabaya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close