Nasional

Festival Konstitusi dan Anti Korupsi Bakal Digelar di USU Medan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – MPR bersama Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar festival ‘Konstitusi dan Anti Korupsi’ di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 14 hingga 15 Mei 2018 mendatang.

“Festival ini sebagai momentum bangsa Indoensia untuk memahami dan sadar aturan dasar kehidupan berbangsa dan bernegara akan konstitusi sebagai upaya penegakan dan penyadaran hukum di tengah maraknya korupsi saat ini,” tegas Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Hadir antara lain Ketua MK Anwar Usman, Ketua KPK Agus Rahardjo, Rektor USU Runtung Sitepu, dan Sekjen MPR RI Ma;’ruf Cahyono.

MPR sebagai lembaga negara kata Zulkifli, berwenang mengubah dan menetapkan konstitusi maka mempunyai peran strategis untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait aturan dasar UUD NRI 1945 dan TAP MPR No.XI/1998 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dari KKN.

“Jadi, festival ini merupakan acara yang ke-4 dan sebelumnya sudah digelar di Universitas Andalas Sumatera Barat, Universitas Indonesia, dan Unhas Makassar. Sehingga festival ini sebagai konstribusi nyata untuk mendukung NKRI,” ungkapnya.

Anwar Usman berharap festival ini dapat dukungan media, karena tanpa media tak akan berarti apa-apa.

“MK hanya berharap kegiatan ini disosialisasikan seluruh media demi kesadaran berkonstitusi. Dimana konstitusi akan berdiri tegak, jika dibarengi dengan pemebrantasan korupsi,” ujarnya.

Agus Rahardjo juga berharap sama jika acara ini perlu dukungan media dan masyarakat demi terbangunnya sistem dan tata kelola di berbagai sektor.

“Juga banyak UU yang perlu disempurnakan. Seperti UU Tipikor terkait korupsi di sektor perdagangan pengaruh di swasta, memperkaya diri sendiri dengan cara tidak sah, dan KPK menyambut baik usulan PPATK tentang pembatasan transaksi uang tunai atau kartel dan lainnya untuk memperkuat arah bangsa yang lebih baik,” pungkasnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close