Hukum

Fee Novanto dari Proyek E-KTP Capai 7,3 Juta Dolar AS

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mantan Ketua DPR Setya Novanto disebut menerima uang fee terkait proyek e-KTP total 7,3 juta dolar AS. Fee untuk Novanto itu lantaran perannya dalam membantu memuluskan pembahasan anggaran e-KTP di DPR.

“Berdasarkan fakta hukum, maka dapat disimpulkan bahwa terdakwa telah menerima pemberian fee seluruhnya berjumlah 7,3 juta dolar AS,” ujar jaksa Wawan membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jl Bungur Besar, Jakarta Pusat, Kamis (29/3/2018).

Total duit fee itu dipaparkan jaksa terdiri dari sejumlah 3,5 juta dolar AS diberikan melalui Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, sejumlah 1,8 juta dolar AS diberikan melalui perusahaan Made Oka Masagung serta sejumlah 2 juta dolar AS juga melalui perusahaan Made Oka Masagung.

“Serta menerima satu jam tangan merk Richard Mille seharga 135 ribu dolar AS,” kata jaksa.

Penerimaan aliran dana dari pihak konsorsium yang mengerjakan proyek e-KTP ini menurut jaksa sejalan putusan hakim dalam perkara tindak pidana korupsi atas nama Andi Agustinus alias Andi Narogong.

“Dari fakta-fakta hukum di atas diperoleh bukti petunjuk meyakinkan bahwa dari proyek e-KTP ini Setya Novanto telah memperoleh uang yang bersumber dari pencairan dana proyek e-KTP sebesar 1,8 juta dolar AS dan 2 juta dolar AS serta uang 383 ribu SGD,” jelas jaksa.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close