Lintas Daerah

FCTC Serukan Bebas Iklan Rokok di Objek Wisata Bengkulu

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Provinsi Bengkulu memiliki sejumlah objek wisata kelas dunia, mulai dari wisata sejarah, budaya hingga keindahan panorama alamnya.

“Bengkulu banyak memiliki objek wisata kelas dunia, seperti Benteng Marlborough, Rumah Bung Karno, dan pantai Panjang yang pasir sangat bersih dan indah,” ujar Warrior FCTC Kota Bengkulu, Firman Hidayat, yang biasa disapa Ahoy, saat pementasan Wayang FCTC di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Bengkulu, Sabtu (30/6/2018).

Karenanya, ia bersama warrior kota ini bertekad mewujudkan SDM Bengkulu yang berkelas dunia dan berharap komitmen Pemprov Bengkulu untuk menjadikan semua objek wisata di Bengkulu bebas dari iklan, promosi dan sponsor rokok.

Ia menyebut, Warrior Kota Bengkulu mendapat kepercayaan menyambut kedatangan Wayang FCTC (Framework Convention On Tobacco Control) dan mementaskannya di bumi Rafflesia. Petualangan 365 Hari FCTC Warrior di 25 Kota telah memasuki kota ke 22.

Para Warrior FCTC Kota Bengkulu berkolaborasi dengan organisasi anak muda di kotanya antusias mementaskan Wayang FCTC. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak tujuh organisasi dilibatkan, yakni Forum Genre Provinsi Bengkulu, Forum Anak Wilayah Provinsi Bengkulu, Bengkulu Youth Forum, Satgas Anti Narkoba Sekolah Provinsi Bengkulu, Duta Anti Tembakau, Forum Remaja Sahabat KPU Provinsi Bengkulu, dan Green Generation Kota Bengkulu.

Ahoy mengatakan, pementasan wayang FCTC ini sekaligus menjadi komitmen anak muda untuk mendukung Pemprov Bengkulu menyambut Visit Wonderful Bengkulu 2020. Anak muda Bengkulu nantinya diharapkan menjadi generasi muda yang sehat berkualitas dan tidak sakit-sakitan akibat penyakit yang disebabkan rokok.

“Ini bisa diwujudkan melalui komitmen pemerintah melindungi anak dari dampak konsumsi rokok dan dari target pemasaran rokok yang selama ini menyasar anak dan remaja sebagai konsumen pemula,” tegas Ahoy.

Karena itu, pada saat pementasan wayang FCTC warrior di Bengkulu, Ahoy dan Cindy mengajak Pemprov Bengkulu dan komunitas anak muda Bengkulu menandatangani Komitmen Dukungan untuk melindungi generasi muda Bengkulu dari dampak konsumsi rokok dan paparan asap rokok, dan dari target pemasaran industri rokok.

Sementara itu Cindy, warrior Kota Bengkulu lainnya, merasa senang karena Pemprov Bengkulu sangat mendukung kegiatan pementasan Wayang FCTC, disebabkan kekuatiran Pemprov terhadap tingginya jumlah perokok muda, dan bertekad menurunkan prevalensi perokok muda di Bengkulu.

“Hampir setengah juta warga Bengkulu mengkonsumsi rokok, dan sudah menyasar usia anak-anak. Ini menandakan Bengkulu sudah darurat rokok, sehingga sangat mengkuatirkan pemerintah,” jelas Cindy. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close