Fasilitasi Isolasi Mandiri Warga DKI, Anies: Pemerintah Pusat Sediakan Hotel Bintang 2 dan 3

Fasilitasi Isolasi Mandiri Warga DKI, Anies: Pemerintah Pusat Sediakan Hotel Bintang 2 dan 3
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Hotel bintang 2 dan 3 akan disulap menjadi ruang isolasi mandiri pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) oleh pemerintah pusat. Fasilitas dan tenaga medis yang disediakan pemerintah pusat itu untuk menangani warga Jakarta saat melakukan isolasi mandiri.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan langkah tersebut diambil pemerintah pusat untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 terutama klaster rumah tangga yang belakangan marak terjadi.

"Hotel bintang 2 dan 3 yang akan disediakan pemerintah pusat untuk merawat warga Jakarta yang terpapar Covid-19," katanya di DPRD DKI Jakarta, Senin (14/9/2020).

Pemprov DKI Jakarta, Anies menuturkan, saat ini masih menunggu detail jumlah hotel yang menjadi tempat isolasi tersebut. Dia mengungkapkan, Pemprov DKI belum menerima data-data terkait, termasuk jumlah tenaga medis hingga ketersedian tempat tidur.

"Kami menunggu sampai detail perinciannya ada kalau sudah baru nanti kami umumkan. Sejauh ini detailnya belum tapi arahnya begitu," ujar mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas soal Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional pada Senin pagi menyebutkan hotel yang disediakan pemerintah hanya dipakai untuk mengisolasi pasien corona bergejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG).

"Pemerintah juga menyiapkan pusat-pusat karantina untuk pasien bergejala ringan agar tidak melakukan isolasi mandiri," ucapnya.

Sejauh ini, kata Jokowi, pemerintah menyediakan 15 hotel bintang 2 dan 3 di sejumlah tempat di Jakarta. Diperkirakan semua hotel itu bisa menampung 3.000 pasien yang terpapar wabah mematikan itu.

"Ada 15 hotel bintang 2 dan 3 di Jakarta dengan kapasitas 3.000. Ini kita telah bekerja sama dengan grup-grup hotel yang ada," ujarnya.