Tokoh

Fakta Keren Katrin Jakobsdottir, PM Islandia yang Berhasil Tangani Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Islandia menjadi salah satu negara di Eropa yang berhasil menekan angka kematian dan penyebaran virus corona.

Melansir Iceland Monitor, sampai dengan 26 Mei 2020, gak ada kasus COVID-19 baru yang dilaporkan di salah satu negara Nordik tersebut.

Selama bulan Mei, cuma ada enam kasus baru terkonfirmasi di negara ini. Jumlah total kasus adalah 1.804 dengan 10 korban meninggal.

Keberhasilan ini gak terlepas dari peran Perdana Menteri (PM) Katrin Jakobsdottir, yang sangat ketat menerapkan kebijakan protokol kesehatan dan penelusuran riwayat (tracking) pergerakan warganya.

Bisa dibilang, Katrin sama suksesnya dengan Perdana Menteri Selandia Baru yang juga seorang perempuan, Jacinda Ardern, dalam mengendalikan pandemi ini.

Banyak dari kita yang udah tahu kisah Jacinda, sekarang saatnya mengenal Katrin. Kamu pasti akan takjub betapa cool-nya sosok perdana menteri berusia 44 tahun ini. Langsung cek, yuk!

1. DATANG DARI KELUARGA POLITIKUS, AKADEMISI, DAN PENYAIR

Berhasil Tangani Corona, Ini Fakta PM Islandia Katrin Jakobsdottir yang Bikin Dia Terlihat Keren
Foto: Morgunblaðið/Eggert Johannesson

Katrin lahir di Reykjavik pada 1 Februari 1976. Keluarganya, kebanyakan berprofesi sebagai politikus, akademisi, dan penyair. Ayahnya adalah seorang bankir, sementara ibunya psikolog.

Dua kakak kembarnya, Armann Jakobsson dan Sverrir Jakobsson, adalah profesor di Universitas Islandia. Pamannya, Dagur Sigurdarson, adalah seorang penyair, sedangkan kakeknya adalah insinyur. Ia juga merupakan cicit dari penyair Theodora Thoroddsen dan politikus Skuli Thoroddsen.

2. SEORANG AKTIVIS LINGKUNGAN HIDUP

Berhasil Tangani Corona, Ini Fakta PM Islandia Katrin Jakobsdottir yang Bikin Dia Terlihat Keren
Foto: B. von Jutrczenka/Picture Alliance

Katrin adalah seorang environmentalist atau aktivis lingkungan hidup. Melansir TIME, ia mengatakan bahwa keluarganya sangat memperhatikan pola hidup ramah lingkungan dan lebih memilih untuk naik kendaraan umum atau berjalan kaki,daripada harus naik mobil pribadi.

Beberapa kebijakan lingkungan hidup yang dibuat pada masa pemerintahannya antara lain melarang secara total penggunaan bahan bakar fosil pada 2030, dan penggunaan geotermal sebagai sumber utama bagi listrik.

3. MENGUASAI BAHASA DAN BIKIN DISERTASI NOVEL FIKSI KRIMINAL

Berhasil Tangani Corona, Ini Fakta PM Islandia Katrin Jakobsdottir yang Bikin Dia Terlihat Keren
Foto: Halldor Kolbeins/AFP

Sebelum terjun ke dunia politik, Katrin kuliah di jurusan Bahasa Islandia dan Prancis, Universitas Islandia, dan lulus dengan gelar sarjana pada 1999. Ia kemudian melanjutkan studi masternya dengan mendalami bidang Sastra Islandia di universitas yang sama.

Disertasinya membahas karya Arnaldur Indriadson, seorang penulis novel kriminal terkemuka di Islandia. Dia juga pernah bekerja sebagai penasihat bahasa dan jurnalis untuk beberapa media di Irlandia pada 1999-2006, serta dosen pada 2006-2007.

4. SEORANG LIVERPUDLIAN SEJATI

Berhasil Tangani Corona, Ini Fakta PM Islandia Katrin Jakobsdottir yang Bikin Dia Terlihat Keren
Foto: Twitter @katrinjak 

Yap, Katrin adalah penggemar berat klub sepak bola asal Inggris, Liverpool. Dia gak ragu menunjukkan cinta dan dukungannya pada klub tersebut lewat unggahan foto di Twitter. Foto tersebut memperlihatkan dirinya tersenyum sambil membawa syal Liverpool, yang merupakan hadiah ulang tahun dari suaminya, Gunnar Orn Sigvaldason. Uniknya, Gunnar adalah pendukung Manchester United, rival terbesar klub berjuluk The Reds tersebut.

“Walaupun suamiku adalah penggemar berat Man. United, tapi dia memberikanku ini (syal Liverpool) sebagai hadiah. Cinta menaklukkan segalanya,” cuitnya di Twitter.

Lebih asyik lagi, dalam sebuah rapat keuangan parlemen Islandia pada November 2019, Katrin terlihat mengalungkan syal tersebut di lehernya. Hal ini sebagai bukti dukungannya kepada klub asuhan Jurgen Klopp tersebut, yang saat itu akan berlaga di Liga Champions, melawan Napoli di Stadion Anfield. Sayangnya, saat itu skor pertandingan berakhir imbang 1-1.

4. PERNAH MENJADI MODEL VIDEO MUSIK

Kepada USA Today, ibu tiga anak ini bercerita bahwa 20 tahun lalu, ia pernah bekerja sama dengan Bang Gang, sebuah grup musik beraliran pop-rock asal Irlandia, untuk menjadi model video musik mereka yang berjudul “Listen Baby”.

“Dua orang teman memintaku untuk berakting lari sepanjang video. Ini adalah sesuatu di luar kebiasaanku, tapi aku menyukainya karena kupikir kita semua harus menjadi bagian yang berbeda (dalam kehidupan), terutama dalam masyarakat kecil seperti Islandia,” ujarnya.

5. DINOBATKAN SEBAGAI POLITIKUS PALING TEPERCAYA DI ISLANDIA

Berhasil Tangani Corona, Ini Fakta PM Islandia Katrin Jakobsdottir yang Bikin Dia Terlihat Keren
Foto: Birgir Thor Hardarson/European Pressphoto Agency

Pada 2016, sebuah jajak pendapat di Islandia menobatkannya sebagai politikus paling bisa dipercaya di negara itu, dengan skor 59,2 persen. Angka ini melebihi Presiden Islandia saat itu, Olafur Ragnar Grímsson yang mendapat poin 54,5 persen.

Jajak pendapat lain menunjukkan bahwa sebagian besar dukungan terhadap Katrin berasal dari pemilih berusia muda, 18-29 tahun, dan banyak dari mereka adalah perempuan. Menurut Profesor Politik Universitas Islandia, Stefania Oskarsdottir, Katrin dinilai masyarakat sebagai “seseorang yang jujur, melakukan sesuatu sesuai dengan yang diucapkannya”.

6. PERNAH JADI MENTERI PENDIDIKAN DAN MENTERI KOORDINASI NEGARA NORDIK

Berhasil Tangani Corona, Ini Fakta PM Islandia Katrin Jakobsdottir yang Bikin Dia Terlihat Keren
Foto: Kristinn Magnusson/Iceland Monitor

Katrin terpilih sebagai Perdana Menteri Islandia sejak 2017, menjadikannya sebagai perempuan kedua yang menduduki jabatan tersebut, setelah Johanna Siguroardottir yang menjabat pada 2009-2012.

Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Sains, dan Budaya Islandia pada 2009-2013. Selama masa jabatannya, ia berfokus pada alokasi dana dan mempermudah akses pendidikan di Islandia. Selain itu, pada tahun yang sama, ia juga menjabat sebagai Menteri Koordinasi Negara Nordik.

Nah, sekarang percaya, kan, bahwa Katrin Jakobsdottir adalah sosok politikus yang supercool? Menurut kamu, di Indonesia ada gak, nih, yang seperti ini? (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close