Parlemen

Fadel: Menentukan Arah Pembangunan Nasional Dengan Revisi UU RPJPN

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Anggota DPD RI terpilih Fadel Muhammad dari dapil Gorontalo, menegaskan jika menguatkan sekaligus menentukan arah pembangunan nasional tidak perlu mengembalikan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN), melainkan cukup revisi UU No. 17 tahun 2007 tentang Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN)

“Jadi, wacana MPR RI mau menghidupkan kembali GBHN sudah dibahas di MPR RI selama lima tahun lalu, tapi belum selesai juga. Tapi, kalau revisi UU RPJPN bisa sekaligus dibuat aturan yang lebih lengkap dan fokus untuk jangka panjang, seperti GBHN,” tegas mantan politisi Golkar itu, dalam dialog 4 pilar MPR RI “Haluan Negara sebagai pedoman pembangunan” di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (16/9/2019).

Fadel menilai pembangunan nasional akan menjadi fokus jika pemerintah pusat fokus menjalankan kisi-kisi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan kebijakan pemerntah daerah sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat.

Daerah di Indoensia kata mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini, justru akan maju kalau kepala daerahnya memiliki kemampuan memimpin serta visi pembangunan daerah dalam jangka panjang.

“Jadi, kepala daerah harus memiliki komitmen untuk bekerja dengan baik serta memiliki jaringan dengan pemerintah pusat yang baik, serta fokus membangun daerah untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya. (WS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close