Nasional

Evakuasi WNI di Wuhan, Panglima TNI: Ada Opsi Pakai Pesawat Carteran

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ada opsi langkah evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Wuhan, China, akibat wabah Virus Corona, menggunakan pesawat sipil milik maskapai Lion Air.

“Iya (ada opsi pakai pesawat Lion Air),” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, ditemui di kompleks DPR RI, sebelum menggelar rapat dengan Komisi I DPR, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Hadi menambahkan, kebijakan itu sepenuhnya menjadi pertimbangan pihak Kementerian Luar Negeri. Pihaknya saat ini tetap bersiaga untuk melakukan penjemputan dengan menggunakan dua pesawat jenis Boeing dan satu pesawat jenis Hercules.

“Seandainya pun men-carter pesawat sipil itu juga, itu adalah sudah menjadi pertimbangan dari ibu Menlu (Retno Marsudi),” kata dia.

Terlepas dari opsi tersebut, Hadi sendiri mengatakan yang ada di China.

Bahkan, pihaknya juga telah menyiagakan tenaga medis dari jajaran TNI untuk bersiaga jika sewaktu-waktu komando untuk berangkat dikeluarkan oleh pemerintah. Tak hanya itu, sejumlah peralatan medis juga telah disediakan sejak lima hari lalu.

“Peralatan apa saja yang harus dibawa termasuk baju astronot yang putih-putih itu, termasuk juga ruang isolasi itu saya juga minta, termasuk juga untuk memonitor panas tubuh manusia. Itu sudah saya siapkan semua,” kata Hadi.

“Tinggal kita koordinasi dengan Menlu kapan kita diberangkatkan. Ini leading sector-nya kan Menlu, kami yang penting siap kapan bu Menlu minta bantuan, kita siap,” kata dia.

Terkait tempat isolasi yang akan digunakan untuk mengkarantina warga yang baru dipulangkan dari China nanti, sepenuhnya ada di tangan Kepala Pusat Kesehatan TNI Polri. Dia belum bisa memastikan apakah Asrama Haji Pondok Gede akan digunakan untuk lokasi karantina.

“Ya dari Kapuskes. Ya nanti Kapuskes lah yang ini,” kata dia. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close