Energi & Tambang

ESDM Sebut Listrik Gratis Berlaku Sampai Corona Hilang

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan kebijakan tarif listrik gratis untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan 900 VA tak cuma berlaku untuk 3 bulan ke depan.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan ESDM Rida Mulyana memaparkan program keringanan tarif listrik ini untuk pertama memang akan berlangsung minimum 3 bulan ke depan.

“Tiga bulan ini ke depan akan dievaluasi, tidak ada yang tahu kapan pandemi berakhir. Tetapi perlu disampaikan pemerintah siap atas segala kondisi sekiranya diperlukan keringanan dievaluasi,” kata Rida saat menggelar jumpa pers secara langsung, Rabu (1/4/2020).

Bisa saja, kata dia, pandemi berakhir dalam 2 bulan atau 3 bulan atau lebih. Namun semuanya akan disiapkan. Sebab, sesuai instruksi presiden kebijakan ini diberikan untuk perlindungan sosial masyarakat kurang mampu.

“Membantu masyarakat kecil yang terdampak adanya pandemi covid-19,” jelas Rida.

Target dari Perppu dan diskon listrik ini ada di dua kelompok pelanggan yang selama ini telah menerima subsidi, yakni 450 VA dan 900 VA. Jumlah pelanggan 450 VA sebanyak 23,8 juta dan jika dijumlah dengan 900 VA sekitar 7 juta pelanggan.

“Secara total 31 juta pelanggan,” papar Rida.

Awalnya listrik gratis untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA ini berlaku 3 bulan, untuk rekening listrik April, Mei, dan Juni 2020 bagi pelanggan reguler. Kemudian juga berlaku untuk pembelian token listrik di April, Mei, dan Juni 2020 untuk pelanggan prabayar. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close