Internasional

Erdogan Tolak Gencatan Senjata

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan tidak akan menyatakan gencatan senjata terhadap serangan di Suriah.

Dalam laporan NTV yang dilansir dari Reuters, Erdogan juga menegaskan sama sekali tidak khawatir dengan sanksi yang diberikan Amerika Serikat.

Erdogan juga mengungkapkan telah memberitahu Presiden AS Donald Trump “tidak akan bernegosiasi dengan kelompok teroris”.

Sebagaimana diketahui, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo akan berangkat ke Ankara, Turki, untuk meminta Turki menghentikan serangan terhadap Suriah. Mereka berangkat pada Rabu (16/10) waktu AS.

Dalam pertemuan dengan Turki, kata Trump, pihaknya meminta gencatan senjata. “Kami meminta gencatan senjata. Kami memberikan sanksi berat yang dapat anda bayangkan,” katanya.

AS menjatuhkan sanksi dan tambahan tarif impor kepada Turki sebagai hukuman atas serangan mereka ke Suriah. Langkah ini diambil setelah Trump menuai kecaman Kongres karena dianggap membiarkan Turki melancarkan serangan.

Padahal sebelumnya, Trump seakan memberikan lampu hijau atas serangan Turki ke pasukan Kurdi di utara Suriah dengan menarik pasukan AS dari sana. Namun setelah dikecam oleh Kongres karena dianggap mengabaikan Kurdi yang telah membantu memberantas ISIS, Trump akhirnya berubah pikiran.

Trump pun meminta Presiden Turki Tayyip Erdogan untuk gencatan senjata demi mencegah korban jatuh lebih banyak.

“Saya siap menghancurkan perekonomian Turki jika pemimpin Turki melanjutkan jalan kehancuran dan berbahaya ini,” kata Trump.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close