Enam Tahanan Kejari Jombang Terpapar Covid-19

Enam Tahanan Kejari Jombang Terpapar Covid-19

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Virus corona menyerang penghuni tahanan di Jombang. Enam tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang dinyatakan positif Covid-19. Saat ini mereka menjalani isolasi di RSUD Jombang. Demikian ditegaskan Kepala Kejari Jombang Yulius Sigit Kristanto, Senin (3/8/2020).

Yulius Sigit menjelaskan, diketahuinya enam tahanan positif tersebut berawal ketika dikirim ke Lapas Jombang. Sebelum masuk Lapas, mereka menjalani rapid test. Hasilnya, ada enam tahanan yang reaktif. Karena itu, dilakukan tindak lanjut tes swab. Hasilnya, ada enam tahanan positif Covid-19.

“Gelombang pertama, yang positif Covid empat tahanan. Kemudian kita lakukan test swab lagi. Ada tambahan dua lagi yang positif. Jadi total ada enam tahanan yang dinyatakan positif,” kata Sigit

Bagaimana mereka tertular Sigit tidak mau berpanjang komentar. Menurutnya, tindakan terpenting saat ini adalah mengisolasi para tahanan positif tersebut.

“Tahanan yang positif Covid hanya enam. Lainnya negatif,” ujar Kajari yang belum satu tahun menjabat di Jombang ini.

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran membenarkan adanya enam tahanan yang positif Covid-19 tersebut. Namun demikian, kata Pudji, enam orang tersebut kondisinya sehat. Mereka dirawat di ruangan tersendiri dengan penjagaan ketat dari petugas kepolisian.

Pudji menjelaskan, awalnya ada tujuh tahanan yang dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test. Kemudian, dilakukan tindak lanjut dengan test swab. Hasilnya, ada empat tahanan yang positif Covid. Sedangkan tiga lainnya negatif.

Pihak rumah sakit kemudian melakukan swab ulang terhadap tiga tahanan yang negatif tersebut. “Hasilnya, ada dua orang yang positif. Jadi totalnya enam tahanan positif Covid-19,” papar dr Pudji. (MU)