Lintas Daerah

Enam Ekor Buaya Muncul di Sungai Bengawan Solo

BOJONEGORO, SENAYANPOST.com – Secara mengejutkan warga dikagetkan dengan munculnya enam buaya di sungai Bengawan Solo. Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro melakukan pemantauan di lokasi adanya kemunculan buaya di Sungai Bengawan Solo.

Namun, hingga sore hari buaya-buaya yang muncul di sungai terpanjang di Pulau Jawa itu tidak ada yang nampak.

Kasi Pencegahan Dan Kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Bojonegoro, Eko Susanto mengatakan pemantauan kemunculan buaya itu dilakukan sejak pukul 08.00 WIB. “Selama berjam- jam itu tidak ada yang nampak,” ungkapnya, Jumat (16/11/2018).

Eko mengatakan buaya yang sempat nampak di Sungai Bengawan Solo wilayah Desa Kalisari dan Lebaksari, Kecamatan Baureno yang berbatasan dengan wilayah Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban itu merupakan buaya migrasi.

Karena cuaca yang panas, buaya tersebut diduga melakukan migrasi ke sungai yang lebih dingin. Sehingga buaya-buaya tersebut berada di bawah tumbuhan bambu. “Proses evakuasi sulit karena di dalam pepohonan bambu untuk cari tempat yang dingin,” terangnya.

Lokasi yang didatangi buaya itu, kata Eko, biasa digunakan untuk mancing dan menjala ikan. Sehingga untuk memberi rasa aman kepada warga, pihak kepolisian Widang memberikan garis polisi di sekitar area. “Kemungkinan pindah sendiri,” ungkapnya.

Sementara diketahui, dalam melakukan pemantauan di lokasi adanya buaya migrasi itu, TRC BPBD bersama dengan Kasi Kesra, pemerintah desa setempat, dan dari pihak Kepolisian,

Enam ekor buaya diketahui muncul di permukaan Sungai Bengawan Solo kali pertama diketahui oleh warga yang sedang melakukan aktivitas di sekitar sungai. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close