Empat Polsek di DIY Tidak Dapat Melakukan Proses Penyidikan

Empat Polsek di DIY Tidak Dapat Melakukan Proses Penyidikan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com - Empat polsek di Daerah Istimewa Yogyakarta tidak lagi dapat melalukan proses penyidikan. Hal itu, kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, berdasar Surat Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya Untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan).

Kabid Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Kombes Pol Yuliyanto, Rabu mengatakan empat polsek tersebut, tiga polsek di wilayah Poltabes Yogyakarta dan satu polsek di wilayah Polres Gununngkidul.

“Yang di wilayah hukum Polresta Yogyakarta adalah Polsek Kraton, Polsek Ngampilandan Polsek Pakualaman. Sedangkan satu polsek lagi di wilayah hukum Polres Gunungkidul adalah Polsek Rongkop,” kata Yuliyanto.

Ia menambahkan, meski tidak dapat melalukan proses penyidikan, namun tidak berarti keempat polsek tersebut tidak bisa menerima laporan dari masyarakat.

Menurut Yuliyanto, setiap laporan atau pengaduan dari masyarakat tetap diterima. Namun, imbuhnya, laporan itu selanjutnya akan diteruskan ke Polresta atau Polres masing-masing.

Sedangkan polisi yang selama ini menjadi penyidik di empat polsek tersebut, ujarnya tetap akan bertugas di tempat tugas mereka masing-masing.