Lintas Daerah

Empat Pesan Sri Sultan Hamengku Buwono IX kepada Penggantinya

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku hingga saat ini memegang teguh empat hal yang menjadi pesan ayahandanya, Sri Sultan Hamengku Buwono IX almarhum.

Pesan itu, kata Sri Sultan Hamengku Buwono X, juga menjadi janji yang disampaikan kepada ayahandanya.

Di depan peserta peringatan hari Bapak Pramuka Indonesia di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Rabu (11/4/2018) malam, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat itu masih bernama BRM Herjuna Darpita, ditanya oleh ayahdananya, pilih mulya atau mukti.

“Saya tidak mengerti tetapi saya menjawab mukti. Kalau saya mulya belum tentu keberadaan saya memberikan manfaat bagi orang lain. Kalau saya mukti, mungkin saya tidak kaya, tetapi pikiran dan tenaga saya bisa bermanfaat untuk orang lain,” ungkap Sultan.

Setelah menjawab pertanyaan, Sri Sultan HB IX kemudian berpesan empat hal. Pesan pertama, Sultan HB IX memintanya berjanji untuk mengayomi setiap orang, meskipun orang tersebut tidak suka atau membencinya.

“Biarpun orang itu tidak senang dengan diri kamu. Kamu bersedia berjanji?” kata Sultan menirukan ucapan ayahnya.

Setelah Sultan menjawab bersedia berjanji, Sultan HB IX melanjutkan meminta Sultan HB X berjanji untuk tidak pernah melanggar peraturan negara.

Pesan ketiga, kata Sultan, Sultan HB IX memintanya memiliki prinsip lebih berani untuk mengatakan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah.

“Saya lantas bertanya mengapa lebih berani? lebih berani dari siapa?. Beliau menjawab lebih berani dari saya (HB IX, red.) karena selama ini saya diam karena mengalami jabatan dua periode Soekarno dan Soeharto, dan saat berbeda pendapat saya memilih diam. Saya sadar diam saya ternyata salah, karena dengan diam itu masyarakat tetap miskin dan bodoh,” kata Sultan menirukan ucapan ayahnya lagi.

Adapun pesan keempat, menurut Sultan, Sultan HB IX memintanya tidak pernah memiliki ambisi kecuali hanya untuk mengabdikan diri demi menyejahterakan masyarakat.

Jawaban yang menjadi janjinya itu disampaikan saat ayahnya, Sri Sultan HB IX sedang sakit dan akan berobat ke Amerika Serikat.

“Kalau Mas Jun berjanji empat hal itu, kamu tidak usah mencari saya karena saya selalu ada di sampingmu,” kata Sultan menirukan ucapan ayahnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close