Nasional

Empat Jam DPR-Pemerintah Rapat Mudik, Apa Hasilnya?

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Komisi V menggelar rapat kerja dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hari ini (4/6/2018) di Gedung DPR, Senayan.

Rapat tersebut digelar khusus untuk persiapan mudik Lebaran 2018.

Rapat yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB ini baru selesai sekitar pukul 17.40 WIB.

Mayoritas anggota Komisi V meminta seluruh stakeholder terkait persiapan mudik Lebaran agar meningkatkan pelayanan dan pengawasan.

BACA JUGA: Puncak Arus Mudik Diprediksi Mulai 8 Juni

Namun banyak juga yang memuji tentang keberhasilan penanganan arus mudik di tahun lalu. Untuk itu diminta agar koordinasi semakin diperketat.

“Rapat ini kita tutup dengan empat kesimpulan dan sudah bisa disetujui,” ujar Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis sambil mengetuk palu.

Rapat ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR. Selain itu turut hadir pula perwakilan dari Korlantas, Basarnas dan BMKG.

Berikut 4 poin kesimpulan rapat:

1. Komsi V DPR RI meminta anggaran Kementerian Perhubungan selaku koordinator pelayanan Angkutan Lebaran 2018 terpadu bersama dengan Kementerian PUPR, BMKG, Basarnas dan Korlantas Polri untuk mempersiapkan angkutan Lebaran secara baik.

2. Komisi V DPR RI meminta pemerintah untuk terus meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam mewujudkan peningkatan pelayanan antar moda dan antar wilayah serta konektifitas yang handal dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran.

3. Komisi V DPR RI mendesak pemerintah untuk memberikan perhatian khusus dan melakukan antisipasi terhadap permasalahan yang terjadi pada arus mudik dan balik Lebaran tahun 2017, antara lain penguraian cepat di lokasi berpotensi macet; meningkatkan kualitas pelayanan rest area, memaksimalkan ramp check dan pengawasan pelayanan tarif di seluruh moda transportasi.

4. Komisi V sepakat untuk mengagendakan rapat evaluasi rapat evaluasi tentang penanganan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 segera setelah selesai Operasi Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2018. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close