Emma Raducanu, Masih 18 Tahun Sudah Jadi Triliuner

Emma Raducanu, Masih 18 Tahun Sudah Jadi Triliuner
Daily Express

JAKARTA, SENAYANPOST.com -10 pemain tenis terkaya dari Roger Federer ke Serena Willliams saat Emma Raducanu didukung memiliki kekayaan lebih dari £100 juta atau sekitar Rp1,97 triliun. Emma Raducanu bergabung dengan jajaran bintang tenis terkaya di dunia setelah menjuarai Grand Slam AS Terbuka.

Petenis cantik yang masih berusia 18 tahun itu membawa pulang cek senilai £1,8 juta atau sekitar Rp35 miliar setelah juara di New York. Pundi-pundi kekayaan dara cantik keturunan Rumania dan Tionghoa itu bakal menggelembung setelah menjalin kesepakatan sponsor. Agen Jonathan Shalit, ketua InterTalent, meramalkan hal-hal besar untuk Raducanu di masa depan.

''Emma adalah sebuah fenomena. Dia akan menjadi bintang olahraga wanita Inggris berpenghasilan tertinggi yang pernah ada. Jika perjalanan Emma terus berlanjut, dia akan mendapatkan lebih dari £100 juta,'' ujarnya.

''Pakaian santai, olahraga, kesehatan, kebugaran, dan merek gaya hidup menjadi pintunya. Untuk merek, dia unik. Tidak ada yang seperti dia." 

Raducanu di bawah pengelolaan Max Eisenbud, pria yang ikut bertanggung jawab atas penghasilan Maria Sharapova sebesar £234 juta di dalam dan di luar lapangan pada saat dia pensiun tahun lalu. Itu membantu petenis Rusia itu masuk dalam daftar sepuluh pemain tenis terkaya - dan dia hanya ditemani oleh satu wanita lainnya, Serena Williams. Berikut adalah sepuluh bintang tenis terkaya sepanjang masa.

10. John McEnroe - £72 juta
Mantan petenis nomor satu dunia itu memenangkan tujuh Grand Slam sebagai pemain, sebagian besar selama tahun 1980-an. Kejenakaan dan kepribadiannya di lapangan juga menyebabkan kekayaannya meningkat.

Sejak pensiun, McEnroe bekerja sebagai pengamat untuk ESPN dan juga meliput Wimbledon setiap tahun untuk BBC. Tapi pekerjaan medianya bukannya tanpa kontroversi dan dia menerima reaksi keras setelah menyatakan Raducanu tidak bisa mengatasi tekanan ketika dia mundur dari babak 16 besar di Wimbledon.

9. Andy Murray - £72 juta
Andy Murray mengakhiri penantian panjang Inggris untuk gelar Grand Slam tunggal putra ketika ia memenangkan AS Terbuka pada 2012. Dan setelah memenangkan gelar pertamanya, dia dengan panik mencari arloji Rado-nya untuk memenuhi persyaratan kesepakatan sponsorship senilai jutaan.

Dia menindaklanjuti kemenangan itu dengan memenangkan Wimbledon pada 2013 dan kemudian pada 2016. Murray memiliki tiga gelar Grand Slam atas namanya dan dua medali emas Olimpiade.

8. Maria Sharapova - £97 juta
Setelah menjadi juara Wimbledon pada usia 17 tahun, Sharapova melambung menjadi terkenal, dan kekayaan segera menyusul setelah Max Eisenbud menjadi agennya. Sharapova kemudian memenangkan setiap gelar Grand Slam, termasuk Prancis Terbuka pada dua kesempatan untuk mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pemain tenis wanita berpenghasilan tertinggi sepanjang masa.

7. Pete Sampras - £108 juta
Sampras adalah pemain tunggal putra terkemuka dengan 14 gelar Grand Slam atas namanya sebelum rekor itu dipecahkan pada tahun 2009. Secara khusus, dia adalah juara SW19 dengan tujuh gelar Wimbledon. Juga, 14 kemenangannya di 18 final mewakili persentase terbaik dalam sejarah final, dengan 78%.

6. Andre Agassi - £126 juta
Mantan pemain nomor satu Amerika lainnya, Agassi mendapatkan hadiah uang lebih dari £22 juta saja. Seperti Sampras, Agassi memenangkan masing-masing dari empat grand slam dan membanggakan 60 gelar karier dalam permainan tunggal. Dia juga memenangkan Piala Davis bersama Amerika Serikat pada tiga kesempatan.

5. Serena Williams - £129 juta
Williams, mungkin tidak mengejutkan, adalah bintang tenis wanita berpenghasilan tertinggi sepanjang masa. Sebagian besar kekayaan bersihnya telah diakumulasikan melalui hadiah uang, menghasilkan sekitar £ 68 juta hingga saat ini. Serena memenangkan Wimbledon tujuh kali, Australia Terbuka tujuh kali dan AS Terbuka enam kali. Dia membanggakan 23 gelar Grand Slam, hanya kurang satu dari rekor 24 gelar Margaret Court.

4. Rafael Nadal - £129 juta
Nadal menyamai rekor Grand Slam Federer ketika ia memenangkan Prancis Terbuka untuk ke-13 kalinya pada 2020. Pada tahun 2020 saja, pemain Spanyol itu menghasilkan lebih dari £28 juta, dengan hanya di bawah £20 juta yang diperoleh melalui hadiah uang.

Nadal disponsori oleh Kia Motors sejak tahun 2006 dan telah dikeluarkan oleh Nike untuk sebagian besar kariernya. Dia juga menggantikan Cristiano Ronaldo sebagai wajah baru Emporio Armani Underwear dan Armani Jeans pada tahun 2011.

3. Novak Djokovic - £144 juta
Petenis Serbia itu kehilangan kesempatan untuk membuat sejarah ketika ia kalah dari Daniil Medvedev di final AS Terbuka pada hari Minggu. Kemenangan akan membuat Djokovic meraih mahkota sebagai pemain tenis tunggal putra tersukses yang pernah ada, dengan 21 gelar Grand Slam.

Dan dia juga akan menjadi pemain pertama di era modern yang memenangkan setiap Grand Slam di tahun yang sama, menyusul kemenangan di Wimbledon, Prancis Terbuka, dan Australia Terbuka.

2. Roger Federer - £324 juta
Federer adalah seorang master di lapangan dan hampir memegang rekor untuk sebagian besar gelar Grand Slam, dengan 20 gelar - bersama dengan Nadal dan Djokovic. Dan pemikiran bisnisnya terbukti sama cerdiknya, dengan merek pakaian RF menjalin kemitraan dengan peritel Uniqlo.

Sponsor lainnya termasuk Gillette, Wilson, Barilla, dan Moët & Chandon, dan Swiss sebelumnya bekerjasama dengan Nike dan Mercedes Benz China.

1. Ion Tiriac - £4 miliar
Tiriac bukanlah nama yang sangat terkenal di tenis, dengan pencapaian terbaiknya di tunggal putra mencapai perempat final Prancis Terbuka 1968. Dia sukses lebih besar di ganda dan peringkat 19 pada tahun 1979.

Tapi tidak diragukan lagi kemenangan terbesarnya jauh dari lapangan, mendirikan Banca Tiriac pada tahun 1990 dan mengumpulkan kekayaan bersih lebih dari satu miliar pounds dalam 30 tahun sejak itu.