Lintas Daerah

Elpiji Melon 3 Kg Tulungagung dan Trenggalek Mulai Langka

TULUNGAGUNG, SENAYANPOST.com – Beberapa hari terakhir masyarakat Tulungagung dan Trenggalek, Jatim, dikeluhkan dengan langkanya persediaan elpiji 3 kilogram (kg).

Kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kg di wilayah Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek, dipicu peningkatan jumlah konsumsi.

Himpunan Pengusaha Minyak dan Gas (Hiswanamigas) Kediri mencatat terjadi lonjakan permintaan ‘elpiji melon’ sebesar 5-10 persen pada momentum Ramadan.

“Di Tulungagung dan Trenggalek itu banyak pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), orang banyak membuat kue pada bulan Ramadan. Maka konsumsi banyak sekali,” kata Ketua Hiswanamigas Kediri, David Tompo Iswahyudi, Sabtu (2/6/2018).

Pada Ramadan, pemesanan kue kering untuk Lebaran memang banyak. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pesanan kue kering Lebaran mulai dilakukan satu bulan sebelum puasa.

Produk kue kering dari wilayah Tulungagung dan Trenggalek tersebut dipesan oleh masyarakat dari berbagai daerah sekitar seperti Kediri dan Blitar.

David menambahkan, kelangkaan elpiji di Tulungagung dan Trenggalek sudah diatasi. Hiswanamigas Kediri yang memiliki cakupan wilayah Karesidenan Kediri (Tulungagung, Trenggalek, Kota dan Kabupaten Blitar, serta Kota dan Kabupaten Kediri) menambah alokasi di lapangan 5-10 persen. Sementara pada hari libur sifatya fakultatif hingga 100 persen.

Berdasarkan catatan Hiswanamigas Kediri, pasokan elpiji untuk wilayah Kabupaten Kediri setiap bulannya kurang lebih 870.000 tabung. Kemudian Kabupaten Kediri sekitar 1.300.000 tabung,

Kabupaten Nganjuk kurang lebih 794.000 tabung, Kabupaten Trenggalek sekitar 425.000 tabung dan Kabupaten Tulungagung 897.000 tabung. Sementara untuk Kota Blitar sebesar 155.000 tabung dan Kota Kediri sekitar 360.000 tabung. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close