Eks Raja Spanyol Juan Carlos I Asingkan Diri, Diduga Korupsi

Eks Raja Spanyol Juan Carlos I Asingkan Diri, Diduga Korupsi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Di tengah investigasi dugaan kasus korupsi yang menjeratnya, mantan Raja Spanyol Juan Carlos I menyatakan akan mengasingkan diri.

Pernyataan itu disampaikan melalui surat yang dikirimkan ke anaknya, Raja Filipe VI.

Filipe VI sendiri disebut telah menyetujui rencana ayahandanya itu.

“Dipandu oleh keyakinan untuk memberikan pelayanan terbaik baik rakyat Spanyol, kelembagaannya, dan kamu sebagai raja, saya memberitahukan keputusan saya saat ini untuk mengasingkan diri ke luar Spanyol,” ujar Juan Carlos I dalam suratnya, dikutip dari AFP Selasa (4/8).

Juan Carlos I menyatakan keputusan itu diambil dalam kesedihan yang mendalam tetapi dengan hati yang damai.

Pada Maret lalu, media Swiss melaporkan dugaan suap kerajaan terkait proyek kereta api di Arab Saudi.

Juan Carlos I diduga menerima dana senilai US$100 juta atau sekitar Rp1,5 triliun dari mantan Raja Saudi Abdullah pada 2008. Dana itu masuk ke akun bank di Swiss milik salah satu yayasan yang berbasis di Panama.

Pada bulan yang sama, media Inggris The Daily Telegraph melaporkan Raja Felipe VI sebagai salah seorang beneficiary dari yayasan tersebut.

Sebagai informasi, Juan Carlos I menduduki tahta Kerajaan Spanyol sejak November 1975 hingga Juni 2014. Ia dianggap sebagai tokoh penting dalam transisi dari kepemimpinan diktator Generalissimo Fransisco Franco ke arah demokrasi. (WS)