Eks Pemain Kasta Kelima, Ben Davies Merapat ke Liverpool

Eks Pemain Kasta Kelima, Ben Davies Merapat ke Liverpool
Ben Davies | Liverpool Echo

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ben Davies disebut telah mencapai kesepakatan untuk pindah ke Liverpool. Hal ini berarti ia mendapatkan lompatan besar dalam kariernya sebagai pemain sepak bola.

Ben Davies yang saat ini sudah 25 tahun menjalani karier sebagai pemain profesional dengan berkecimpung di kasta bawah. Ia membela Preston North End sejak 2012, namun sering menjalani musim sebagai pemain pinjaman.

Ben Davies bahkan pernah berkiprah di League One, League Two, hingga National League sebagai pemain pinjaman. Dengan tampil di National League bersama Southport, itu berarti Ben Davies pernah merasakan atmosfer kompetisi di kasta kelima dalam sepak bola Inggris.

Dalam tiga musim terakhir barulah ia terus jadi andalan di Preston North End.

Ben Davies disebut jadi rekrutan Liverpool di bursa transfer musim dingin. The Reds dan Preston disebut sudah mencapai kesepakatan nilai transfer dan pengumuman kepastian Ben Davies bisa dilakukan di hari terakhir transfer tengah musim yaitu pada hari ini.

Kehadiran Ben Davies setidaknya membuat Jurgen Klopp punya satu alternatif untuk dijajal mengisi posisi bek tengah.

Pada musim ini, upaya Liverpool mempertahankan gelar Liga Inggris memang diterpa masalah bertubi-tubi. Salah satu masalah besar adalah krisis bek. Virgil van Dijk, bek terbaik Liverpool mengalami cedera parah. Hal itu kemudian disusul terkaparnya Joe Gomez dan Joel Matip.

Situasi sulit itu kemudian memaksa Klopp menurunkan strategi alternatif dengan menempatkan Fabinho atau Jordan Henderson sebagai bek tengah di sejumlah pertandingan lantaran mereka kekurangan bek tengah berpengalaman.

Bergesernya posisi Fabinho dan Henderson untuk ditarik ke belakang kemudian juga berpengaruh pada variasi formasi lini tengah yang diinginkan Klopp. Dengan kondisi demikian, Klopp tak lagi bisa menjadikan Fabinho sebagai gelandang lantaran ia sibuk menambal lini belakang.