Ekonomi

Ekonomi Nasional Tetap Solid

MATARAM, SENAYANPOST.com – Perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik.

“Domestik baik, didukung investasi dalam bentuk bangunan dan non bangunan yang cukup baik,” kata Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Firman Mochtar, di Mataram, Sabtu (21/4/2018).

Ia mengemukakan bawa investasi bangunan tumbuh ditopang oleh proyek infrastruktur nasional.

Sementara dari sisi non bangunan juga mengalami pertumbuhan yang salah satunya dapat dilihat dari konsumsi.

“Investasi konsumsi berdampak pada meningkatnya impor bahan baku dan barang modal. Dalam jangka panjang, barang impor bisa memberikan dampak positif dalam kapasitas produksi. Volume ekspor juga masih tren positif,” katanya.

Meningkatnya kapasitas produksi, lanjut dia, dapat meningkatkan lapangan kerja sehingga turut menopang perekonomian nasional.

Tercatat, survei kegiatan dunia usaha memperlihatkan angka positif, menunjukan optimisme perekonomian nasional yang solid.

Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) menunjukkan kegiatan usaha pada triwulan I-2018 meningkat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 8,23 persen pada triwulan I-2018, meningkat dari 7,40 persen pada triwulan IV-2017.

“Ini bisa mendukung keseimbangan pertumbuhan tanpa memberikan tekanan terhadap inflasi dan rupiah,” katanya.

Dari sisi aliran dana modal, lanjut dia, pada April ini mulai menunjukan perbaikan sehingga nilai tukar rupiah stabil di level Rp13.000-an per dolar AS. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close