Internasional

Duterte Siap Kirim Tentara Bantu Yordania Basmi ISIS

AMMAN, SENAYANPOST.com – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengunjungi Amman, Yordania, usai lawatannya dari Israel, Kamis (6/9). Dalam kunjungan tersebut, Duterte menawarkan bantuan tentara bagi Yordania memerangi ISIS.

Diberitakan Reuters, Duterte dalam sebuah forum bisnis di Amman menyampaikan tawaran tersebut kepada Raja Abdullah dari Yordania. Bagi Duterte, Filipina dan Yordania sama-sama menghadapi ISIS sebagai musuh bersama.

“Jika ada sesuatu yang bisa kami lakukan, jika kalian kekurangan tentara, beri tahu saya,” kata Duterte.

Yordania adalah negara penting dalam perang menghadapi ISIS di Suriah dan Irak. Bagi Filipina, pengaruh ISIS juga berbahaya.

Tahun lalu, tentara Filipina berperang dengan simpatisan ISIS di Marawi selama lima bulan, konflik terbesar di negara itu sejak Perang Dunia II.

“Jika kau (Raja Abdullah) perlu satu batalion, saya akan kirimkan. Saya akan menempatkan pemerintah saya di sisi yang benar dalam sejarah,” ujar Duterte.

Sebelumnya Duterte menyepakati kesepakatan kerja sama pertahanan dengan Israel. Filipina akan membeli persenjataan kecil, kendaraan lapis baja, dan perangkat pengintaian dan mata-mata dari Israel.

Kesepakatan yang sama diharapkan diperoleh dari kunjungan Duterte ke Yordania. Sebelumnya awal tahun ini, Yordania menyatakan akan memberikan bantuan dua helikopter Kobra untuk memerangi pemberontak. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close