Internasional

Duterte Bilang Kim Jong-un Pahlawan Semua Orang

MANILA, SENAYANPOST.com – Sikap Presiden Filipina Rodrigo Duterte terhadap Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un berubah total. Dulu benci sekarang cinta. Duterte kini mengaku kagum dengan Jong-un setelah melihat pertemuannya dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In, Jumat (27/4) lalu.

Dalam pertemuan itu Jong-un sekaligus berjanji untuk memusnahkan senjata nuklirnya.

Kekaguman ini muncul dalam pidato kepulangan Duterte dari lawatan KTT ASEAN. “Saya mengagumimu. Anda (Jong-un) paham betul kapan untuk melangkah,” kata Duterte dilansir Reuters, yang dikutip Senin (30/4).

Atas sikap politik tersebut, Duterte langsung menasbihkan Jong-un sebagai idolanya. Ia juga berharap dapat bertemu Jong-un dan menyampaikan kekagumannya secara langsung.

Sebelumnya, Duterte adalah satu dari sekian banyak pemimpin dunia yang ikut menghujat watak bebal Jong-un dan pemerintah Korut.

“Selama ini, Jong-un digambarkan seperti satu-satunya anak nakal dalam kumpulan. Dengan hanya satu gerakan jitu, Jong-un sekarang menjadi pahlawan semua orang,” pujinya.

Duterte sendiri sempat mengatakan Jong-un adalah orang bodoh yang “bermain dengan permainan berbahaya”.

Pertemuan antara Jong-un dan Moon melahirkan kesepakatan bersejarah untuk mengakhiri Perang Korea sekaligus kesepahaman untuk menciptakan hubungan yang lebih damai.

Jong-un juga mengatakan bahwa fasilitas nuklir yang selama ini digunakan sebagai ancaman akan ditutup Mei mendatang.
Kesepakatan ini memiliki arti penting setelah dunia dibuat was-was atas aktivitas nuklir Korut. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close