Internasional

Dunia Akui Indonesia Berdaulat Atas Papua

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah Selandia Baru menyatakan, mereka mengakui kedaulatan Republik Indonesia atas wilayah Papua dan Papua Barat. Kendati demikian, pemerintah negara itu mengakui “sangat prihatin” dengan kekerasan baru-baru ini yang mengguncang Papua Barat.

“Selandia Baru mengakui Papua sebagai bagian dari wilayah kedaulatan Indonesia. Kami terus mendorong Indonesia untuk mempromosikan pembangunan sosial dan ekonomi yang damai di Papua,” ujar Menteri Luar Negeri New Zealand, Winston Peters yang dilansir RNZ, Kamis (5/9/2019)

Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Michelle Bachelet menegaskan dukungannya atas kebijakan Presiden Jokowi di Papua.

Mantan Presiden Chile itu menilai langkah pendekatan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam menangani kondisi rusuh di Papua patut disambut positif. Insiden ini sendiri dipicu oleh ucapan rasis dari sekelompok oknum di Surabaya, Jawa Timur.

“Saya menyambut seruan yang dilakukan oleh Presiden (Joko) Widodo dan tokoh-tokoh tingkat tinggi lainnya terhadap rasisme dan diskriminasi -,masalah lama dan serius di provinsi Papua dan Papua Barat- dan seruan mereka untuk dialog dan ketenangan,” kata Bachelet.

KOMENTAR
Show More
Back to top button
Close
Close