Ekonomi

Dukung Program Sejuta Rumah, DEPRINDO Bangun 20 Ribu Unit Hunian

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Dalam rangka membantu pemerintah menyediakan rumah rakyat dan mendukung kesuksesan Program Sejuta Rumah, lebih dari 200 pengembang perumahan yang tergabung dalam perkumpulan Developer Properti Indonesia (DEPRINDO) berkomitmen membangun sedikitnya 20 ribu unit rumah pada 2019 di sejumlah kota dan kabupaten di Indonesia.

Komitmen tersebut disampaikan Ketua Umum DEPRINDO Dadank I Sarjani pada Musyawarah Nasional (Munas) pertama DEPRINDO di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

“Pemerintah punya tugas berat mengatasi backlog perumahan dan mencukupi kebutuhan rumah rakyat. DEPRINDO terpanggil untuk berperan serta dengan langkah konkret: membangun lebih dari 20 ribu unit rumah pada 2019. Proyek 20 ribu unit rumah untuk 2019 ini bukan lagi program kerja, tapi sudah tahap proses akuisisi lahan, persiapan dan pelaksanaan,” ujar Dadank I Sarjani.

Dadank menjelaskan, pendanaan proyek 20 ribu unit rumah ini berasal dari berbagai sumber; perbankan, fintech, dan investor pribadi. Investor pribadi berasal dari internal dan eksternal DEPRINDO. DEPRINDO terbuka bekerjasama dengan semua stakeholder yang memiliki kesamaan visi untuk menyediakan rumah rakyat.

Pendiri dan pembina DEPRINDO Asriman A. Tanjung bersyukur, belum genap setahun DEPRINDO berdiri sebagai perkumpulan pengembang perumahan rakyat, anggotanya sudah mengambil peran nyata dan signifikan dalam membantu pemerintah memenuhi kebutuhan rumah rakyat.

“Lebih dari sekadar bisnis, menyediakan rumah untuk rakyat bagi DEPRINDO adalah misi kemanusiaan: mengangkat harkat, martabat, dan derajat kemanusiaan masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Karena itu pembangunan 20 ribu unit rumah rakyat pada 2019 oleh anggota DEPRINDO layak kita syukuri,” tutur Asriman A. Tanjung.

Hal yang unik dari Munas I DEPRINDO adalah digelarnya ajang “Lelang Proyek” dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Anggota yang memiliki lahan, bersinergi dengan anggota lainnya yang memiliki modal dan keahlian, untuk mewujudkan proyek-proyek perumahan. Kolaborasi ini diorganisir oleh DEPRINDO sebagai suport system bagi anggota.

Untuk memacu produktifitas anggotanya, selain memberikan bimbingan dan pendampingan teknis, DEPRINDO juga memfasilitasi pendanaan proyek yang bersumber dari lembaga keuangan bank dan non bank, termasuk dari fintech dan angel investor.

Pada Munas perdananya, DEPRINDO juga menggelar penggalangan donasi dari pengurus dan anggota untuk disalurkan ke Palu dan Donggala, demi meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah gempa dan tsunami.

DEPRINDO adalah perkumpulan pengembang perumahan alumni¬†Workshop Property Learning Technologies (PLT)¬† “Cara Benar Memulai Bisnis Developer Properti Bagi Pemula”, yang diasuh oleh Asriman A. Tanjung. DEPRINDO didirikan sebagai support system, menghimpun dan mengorganisir alumni PLT untuk bersinergi dan berkolaborasi menjadi pengembang properti yang tangguh. Sebagai organisasi profesi para developer, DEPRINDO menjunjung tinggi profesionalitas dan independensi. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close