Ekonomi

Dukung Industri Kopi Nasional, LPDB Siap Gelontorkan Dana

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Potensi ekspor produk-produk pertanian dan perkebunan Provinsi Jambi sangat besar. Potensi itu antara lain kopi, kelapa sawit, karet dan lainnya.

Untuk ekspor paling besar kesempatannya adalah kopi. Namun untuk meningkatkan ekspor kopi, Pemprov Jambi masih menghadapi kendala dalam pembiayaan.

“Kami berharap ada tambahan bantuan dana dari LPDB agar pelaku industri kopi bisa lebih maju,” kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Agus Rizal, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Sektor UMKM kopi, imbuhnya, jika dibiayai maka proses pengembalian pembiayaannya akan sangat cepat. “Berilah kami kesempatan dalam hal pembiayaan, kami dari dinas akan mendorong dan siap mendampingi LPDB sampai dengan tingkat petani,” jelas Agus Rizal.

Rina Safitri Ketua Komunitas UMKM Kopi Provinsi Jambi mengungkapkan, koperasi di Jambi sangat banyak, tapi kondisinya hidup segan mati tak mau.

“Kebanyakan koperasi sawit, namun koperasi kopi belum ada. Kami berharap adanya pemberian fasilitas pembiayaan bagi para pelaku perkebunan dan UMKM kopi di Jambi,” harap Rina.

Menghadapi keluhan ini, Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Braman Setyo mengungkapkan, pihaknya siap membiayai pengembangan usaha kopeprasi dan pelaku UKM di bidang industri pengolahan kopi.

Apa yang dilakukannya ini sesuai harapan Presiden Joko Widodo. “Pada 2018 ini kami ingin memfokuskan pembiayaan pada sektor pertanian yang merupakan amanat Presiden Joko Widodo untuk mendukung Program Nawacita,” kata Braman Setyo.

Sebelunya, Braman Setyo dan pelaku usaha industri kopi bertemu dalam diskusi dengan tema “Potensi Pembiayaan LPDB-KUMKM ke Sektor Usaha Pengolahan Kopi Asli Indonesia”, di Jakarta, Kamis (26/4/2018). (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close