Nasional

Duh, Para Pencari Suaka Dirikan Tenda di Trotoar Kebon Sirih

JAKARTA, SENAYANPOS.com – Para pencari suaka malam ini tampak memenuhi area trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Berbagai aktivitas dilakukan para pengungsi meski di tengah keterbatasan.

Dikutip dari detikcom, Sabtu (6/7/2019) malam, tampak puluhan pengungsi masih mendiami trotoar di depan Menara Ravindo, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Sebagian pengungsi tampak terlelap tidur, sebagian tampak duduk beristirahat di atas tikar.

Berbagai barang perlengkapan sehari-sehari tampak berada di trotoar. Di antaranya tikar, termos, galon, dan payung. Sejumlah pengungsi terlihat sedang mendirikan tenda.

Tenda-tenda pengungsi juga tampak di belakang kantor UNHCR di Menara Ravindo, Jalan Kebon Sirih Barat I, Jakarta Pusat. Setiap tenda berukuran sekitar 2×2 meter.

Ketika azan Isya berkumandang, terpantau puluhan pengungsi berjalan kaki menuju Masjid Jami Assuhaimiah. Letak masjid berada sekitar 50 meter di belakang Gedung UNHCR.

Mulai dari laki-laki dewasa, perempuan, hingga anak-anak turut memadati masjid. Mereka berbaur melaksanakan salat Isya bersama warga lokal.

Lalu lintas di Jalan Kebon Sirih ramai lancar. Sejumlah pengendara tampak memarkirkan kendaraanya di tepi jalan.

“Kita tinggal di sini (trotoar Jalan Kebon Sirih). Sebelumnya kami tinggal di Kalideres, dan kami pindah kesini. Kita tinggal di sana (Kalideres) 15 bulan. Kita pindah ke depan UNHCR meminta bantuan UNHCR berharap mereka mengakomodasi makanan, rumah, dan air. Itulah mengapa kita tinggal di sini,” ujar seorang pencari suaka asal Afganistan, Ali (23).

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyebut masalah pencari suaka yang telantar di trotoar Jalan Kebon Sirih adalah tanggung jawab Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR). Menurutnya, UNHCR yang bertanggungjawab mencarikan negara yang bersedia menampung para pencari suaka itu.

“Mungkin masalahnya bukan di pihak Indonesia-nya ya, tapi dengan pihak UNHCR yang mencarikan negara yang bersedia menampung mereka sebagai pengungsi ya. Itu di luar ranah pemerintah ya, karena itu adalah bagaimana tanggung jawab yang dimiliki oleh UNHCR untuk mencarikan status penempatan mereka,” ujar Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (5/7) kemarin.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close