Dubes RI untuk AS Sebut Kondisi Washington Usai Pemilu Berangsur Normal

Dubes RI untuk AS Sebut Kondisi Washington Usai Pemilu Berangsur Normal
Gedung Capitol Hill di Washington DC, Amerika Serikat. Foto/kumparan

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Dubes RI untuk AS, Muhammad Lutfi, menyebut kondisi Negeri Paman Sam saat ini sudah kondusif. 

Usai pemilu, AS sempat diterjang demo besar. Unjuk rasa dilakukan untuk menolak hasil pemilu, meminta perhitungan disetop sampai menuntut hasil segera diumumkan. 

Di ibu kota AS, Washington DC, beberapa pemilik toko sampai memasang papan demi melindungi bangunannya dari perusakan. 

Meski kondisi sempat mengkhawatirkan, saat ini keadaan di Washington DC kian membaik. 

"Sekarang sudah berangsur normal Kota Washington DC. Pemerintahan Kota Washington DC sudah meminta kepada retail, kepada para pengusaha-pengusaha untuk membuka board-nya itu tripleks di depan kantor depan toko terutama di tengah kota Washington DC yang berdekatan dengan White House untuk segera dibuka," ucap Lutfi dikutip kumparan, Kamis (12/11/2020). 

Pendukung Presiden AS Donald Trump melakukan protes di depan Arizona State Capitol di Phoenix setelah pemilihan presiden AS 2020 dimenangkan Joe Biden, Sabtu (7/11).

"Kalau bisa saya membagikan pandangan mata, semua sudah berangsur normal kembali," sambung dia. 

Sepekan lebih usai pemilu, sudah tidak ada lagi demo-demo yang terjadi baik di Washington DC maupun kota-kota besar lainnya. 

Bahkan dua kandidat presiden yang sempat bersaing, Donald Trump dan Joe Biden, telah melanjutkan kegiatan masing-masing. 

Pada Rabu (11/11) Trump dan Biden terlihat menghadiri upacara peringatan Hari Veteran di tempat berbeda.