Lintas Daerah

Dua Warga Kota Yogyakarta Minta Pencantuman Penghayat Kepercayaan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta membenarkan ada dua warga yang mengajukan pengisian kolom ‘Penghayat Kepercayaan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

“Benar, ada dua orang yang minta. Kebetulan dua orang itu adalah suami isteri,” kata Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bram Prasetyo, Minggu (16/6/2019).

Ia menjelaskan dengan adanya permintaan itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta selanjutnya akan menerbitkan KTP elektronik yang menyebut bahwa pemegang KTP tersebut penghayat kepercayaan. Hal yang sama juga akan dicantumkan dalam Kartu Keluarga.

Pada kesempatan itu Bram menjelaskan, jika ada warga yang menginginkan mengisi kolom agama dengan penghayat kepercayaan, dapat menghubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa surat keterangan dari pimpinan kelompok penghayat kepercayaan.

Masyarakat, berhak mengajukan KTP dengan mencantumkan penghayat kepercayaan setelah mahkamah Konstitusi mengeluarkan putusan nomor 97/PUU-XIV/ 2016 tanggal 18 Oktober 2017. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close