Terorisme

Dua Terduga Teroris Jalani Rekostruksi di Jalan Kaliurang

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Dua terduga teroris, masing-masing berinisial GN dan BS, Kamis (22/11/2018) menjalani rekosntruksi di Jalan Kaliurang KM 9,6 Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di lokasi ini, Densus 88/AT pada 14 Juli lalu menyergap empat terduga teroris yang telah dibuntuti dari tempat lain.

Dalam penyergapan ini, dua terduga teroris tewas setelah terjadi kontak senjata. Sedang dua lainnya, GN dan BS berhasil ditangkap dalam keadaan hidup.

Direktur Reserse Kriminal umum Polda DIY, Kombes Hadi Utomo mengemukakan rekonstruksi ini untuk memenuhi permintaan Jaksa Penuntut Umum dan merupakan bagian dari pemeriksaan tersangka.

“Rekonstruksi inimengambil 30 adegan. Memang tidak seluruh adegan penangkapan, tetapi sebagian saja,” katanya.

Menurut dia pelaksanaan rekonstruksi atau reka ulang adegan itu sendiri diatur dalam KUHAP (Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana). Pelaksanaan hari ini, ujarnya adalah pemenuhan petunjuk jaksa.

Dijelaskan, reka ulang adegan atau rekonstruksi ini untuk menyempurnakan berkas perkara yang sudah dikirim kepada Jaksa. Pada prinsipnya, ujarnya rekonstruksi adalah menyinergikan antara kejadian-kejadian atau rangkaian kejadian dalam satu peristiwa dan akan dituangkan dalam BAP.

Mengapa baru sekarang? Hadi Utomo menegaskan, karena baru sekarang dilakukan karena Jaksa baru sekarang mengembalikan berkas ke polisi.

“Hanya untuk menambah kekurangan keterangan. Itu saja,” katanya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close