Lintas Daerah

Dua Stasiun di Cirebon Siagakan Anjing Pelacak

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Guna memberikan rasa aman selama masa angkutan mudik Lebaran 2018, PT Kereta Api Indonesia Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, menyiagakan anjing pelacak di dua stasiun.

Menurut Deputy Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Wisnu Pramudya, di Cirebon, Rabu (6/6/2018), fungsi anjing pelacak hanya sekedar mengantisipasi adanya bahan berbahaya yang dibawa oleh penumpang.

Disiagakannya anjing pelacak ini, lanjutnya, demi menjaga keamanan arus mudik dan balik Lebaran 2018 di Stasiun Cirebon dan Stasiun Prujakan, Kota Cirebon.

Saat ini, lanjutnya, ada dua ekor anjing pelacak dari unit Satwa Direktorat Sabhara Polda Jawa Barat, yang disiagakan. Namun dipastikan selama ini tidak ditemukan barang yang membahayakan. “Potensi itu ada, namun untuk tahun-tahun kemarin tidak ada yang mencurigakan,” katanya.

Selama masa angkutan Lebaran ada enam anjing pelacak yang disiagakan, namun untuk sistem penjagaannya itu tergantung dari unit Satwa Direktorat Sabhara Polda Jawa Barat.

Ditempat yang sama Bintara Unit Satwa, Briptu Angga Priatna mengatakan dua anjing pelacak itu bernama Jako dari jenis Belgian Malinois dan Jumbo dari jenis Herder. Kedua anjing masing-masing memiliki kemampuan melacak bahan peledak dan penangkapan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close