Dua Minggu GeNose di Stasiun Cirebon Telah Layani Ribuan Penumpang

Dua Minggu GeNose di Stasiun Cirebon Telah Layani Ribuan Penumpang

CIREBON, SENAYANPOST.com - Selama 15 hari layanan tes COVID-19 menggunakan GeNose di Stasiun Cirebon, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon telah melayani 3.496 penumpang. 

"Terdapat dua pilihan tes COVID-19 yaitu tes cepat antigen dan GeNose, sebagai syarat kelengkapan perjalanan pada masa pandemi. Selama 15 hari yang terlayani tes GeNose di Stasiun Cirebon sudah 3.496 penumpang" kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto di Cirebon, Selasa (2/3/2021).

Dia melanjutkan setelah hadirnya tes COVID-19 menggunakan GeNose, minat penumpang cukup banyak, di mana selama 15 hari saja sudah tercatat 3.496 orang.

"Sedangkan untuk tes cepat antigen, pada periode sama yaitu sebanyak 336 penumpang," ujarnya.

Ia mengatakan tes COVID-19 dengan GeNose di Stasiun Cirebon, bertarif Rp20 ribu, sedangkan tes cepat antigen yaitu Rp105 ribu.

Untuk sementara ini, layanan tes GeNose di Wilayah KAI Daop 3 Cirebon, baru tersedia di Stasiun Cirebon. Sedangkan tes antigen sudah ada di tiga stasiun yaitu, Cirebon, Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang Indramayu.

Dia menambahkan jika didapatkan hasil positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik Kereta Api. Tiket dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan uang tiket akan dikembalikan penuh.

Petugas pemeriksa akan memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan menyarankan pelanggan tersebut untuk melakukan isolasi mandiri.

"Selanjutnya yang bersangkutan akan diarahkan oleh petugas untuk meninggalkan stasiun dan diminta melapor ke puskesmas sesuai domisili," katanya.