Internasional

Dua Kelompok Pendemo di Hong Kong Bentrok, Jalan Utama Ditutup

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Dua kelompok pendemo, yakni kelompok pro Demokrasi dan Pro Pemerintah China di Hong Kong terlibat bentrokan di salah satu pusat perbelanjaan. Bentrokan terjadi saat kelompok pro demokrasi menyanyikan lagu protes dan dibalas lagu kebangsaan China oleh kelompok lain Sabtu (14/9/2019) .

Bentrokan ini menandakan gelombang Demonstrasi di Hong Kong masih terus terjadi, meski RUU Ekstradisi sudah dicabut oleh otoritas setempat.

Alhasil polisi turun tangan untuk melerai bentrokan tersebut. Polisi pun berjaga hingga malam di Tin Shui Wai, salah satu titik demonstrasi.

Dalam demonstrasi tersebut, para pendemo juga menutup akses jalan-jalan utama dengan barikade yang mereka buat. Diprediksi demonstrasi kemungkinan akan tetap berlanjut Minggu (15/9/2019).

Salah satu perwakilan demonstran pro demokrasi mengatakan, massa berencana mendatangi Konsulat Inggris pada Minggu. Mereka akan meminta China menghormati perjanjian yang dibuat bersama Inggris tahun 1984 silam terkait masa depan Hong Kong sebelum jatuh ke China 1997 silam.

Bahkan pemimpin demonstrasi Hong Kong, Joshua Wong juga kini tengah berada di Amerika Serikat untuk meminta bantuan Washington. Sejak sepekan ini, demonstran pro demokrasi kerap meminta bantuan pemerintah asing untuk membantu mereka di Hong Kong.

Sementara itu, pemerintah China meminta asing tidak ikut campur dalam urusan Hong Kong. “China tetap komitmen pada sistem satu negara dan dua sisitem,” sebagaimana dilansir CNBC International.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close