Dua Kasus Kerumunan Rizieq Shihab Diambil Alih Bareskrim

Dua Kasus Kerumunan Rizieq Shihab Diambil Alih Bareskrim

JAKARTA, SENAYANPOST.com -  Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengungkapkan pihaknya mengambil alih penanganan seluruh kasus kerumunan massa yang melibatkan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Seperti diketahui, ada dua kasus kerumunan massa yang melibatkan Rizieq, yakni kasus di Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Bogor.

Selain itu, Bareskrim Polri juga menyelidiki peristiwa kerumunan dalam haul atau peringatan wafat Syekh Abdul Qadir Jaelani di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Kabupaten Tangerang, Banten

"Karena kan kasus kerumunan itu ada terjadi di Jakarta, di Jawa Barat, dan di Banten. Mengingat dia mencakup semua wilayah, maka disatukan di Bareskrim," kata Andi Rian Djajadi, Jumat (18/12/2020).

Meski penanganannya diambil alih, kata Andi, pihaknya tetap melibatkan penyidik dari masing-masing Polda.

Namun, disampaikan Andi, pihaknya akan membuat surat perintah baru untuk menunjuk penyidik dari Bareskrim yang akan terlibat dalam proses penyidikan. 

Sementara itu, terkait kelanjutan penahanan Rizieq di Polda Metro Jaya, Andi belum bisa memastikannya. Dia menyebut bakal menggelar rapat dengan jajaran terkait untuk membahas hal tersebut.

Diketahui, untuk kasus kerumunan massa Petamburan, Polda Metro Jaya telah menetapkan enam tersangka. Mereka yakni Rizieq Shihab, Shabri Lubis, Maman Suryadi, Haris Ubaidillah, Ali Bin Alwi Alatas, dan Idrus. (Jo)