Dramatis, Lewis Hamilton Juarai GP F1 Inggris dengan Ban Hancur

Dramatis, Lewis Hamilton Juarai GP F1 Inggris dengan Ban Hancur

JAKARTA, SENAYANPOSTcom – Perjuangan Lewis Hamilton untuk meraih juara di GP Inggris dilalunyai secara dramatis. Ia harus mengendarai jet daratnya dengan kondisi ban depan yang hancur jelang masuk masuk finis.

Seri ketiga F1 musim 2020 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu (2/8/2020) malam, memang diwarnai sejumlah insiden. Di lap kedua misalnya, sejumlah kecelakaan sempat mewarnai jalannya balapan yang melibatkan pembalap Red Bull Racing, Alexander Albon, dan driver dari tim Haas, Kevin Magnussen.

Tak sampai di situ, di sisa perlombaan, Valtteri Bottas yang tengah membuntuti Hamilton tiba-tiba mengalami nasib sial. Mobilnya terbakar di bagian ban hingga kehilangan tempat kedua.

Pembalap Mercedes yang sudah di atas angin itu kemudian memacu kendarannya lebih kencang lagi. Di tengah upaya masuk finis atau tepatnya di lap terakhir giliran Hamilton yang bermasalah. Ban bagian depannya hancur. Ia pun tak bisa memaksakan mobil untuk melaju dalam kecepatan tinggi. Beruntung Hamilton bisa menjaga jarak dengan Max Verstappen yang ada di posisi kedua.

“Saya benar-benar tidak pernah mengalami hal seperti itu di lap terakhir. Sampai putaran terakhir segalanya relatif lancar. Ban terasa luar biasa,” kata Hamilton dilansir Reuters.

“Saya mendengar bahwa bannya (Bottas) hilang dan saya hanya melihat ban saya dan semuanya tampak baik-baik saja. Mobil itu masih berputar tanpa masalah. Namun begitu ingin memasuki putaran terakhir, ban saya mulai kempes. Saya hanya berdoa untuk memacu mobil agar tidak melambat. Saya hampir tidak menyiasati beberapa sudut terakhir. Syukurlah kami berhasil,” ungkap Hamilton.

Buat Hamilton kemenangan di kandang sendiri merupakan yang ketiga musim ini. Sebelumnya ia sudah naik podium pertama di GP Sytrian dam GP Hungaria. Sukses itu juga sekaligus mendekatkan rekor Hamilton dengan Michael Schumacher yang memenangkan 91 balalan. Hamilton kini baru mengoleksi 87 kemenangan.