Lintas Daerah

DPRD Jatim Minta Pemprov Tarik Makanan Kaleng Mengandung Cacing

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi maupun kabupaten/kota segera menarik produk makanan kaleng mengandung parasit cacing.

Ini berkaitan terbitnya keputusan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang menyatakan 27 merek sarden dalam kaleng yang positif mengandung parasit cacing.

Anggota Komisi B DPRD Jatim Afwan Maksum menyatakan, dia prihatin dengan kasus tersebut. Karena itu dia meminta Disperindag Provinsi Jatim segera berkoordinasi dengan kabupaten/kota agar segera ada tindakan.

“Ini harus ditindaklanjuti disperindag Jatim. Acuan kita adalah BPOM. Kalau BPOM mengatakan produk-produk itu positif terkena parasit cacing kita harus percaya,” kata politisi asal Fraksi PDIP Jatim ini, Jumat (30/3/2018).

Afwan mengatakan, parasit cacing itu berbahaya dan bisa menyebabkan pengaruh pada saluran pencernaan, juga bisa menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker lambung.

Dia juga mendorong agar ada sanksi tegas sampai ke pidana karena hal itu menyangkut nyawa orang.

“Urusan perut rakyat apalagi menyangkut nyawa tidak bisa diremehkan, jika ada unsur kesengajaan dan itu menyangkut nyawa masyarakat, kami mendesak pemerintah ambil tindakan tegas untuk menutup izin perusahaan itu,” ujarnya.

Chusainuddin Anggota Komisi B yang lain meminta Disperindag Jatim segera berkoordinasi dengan disperindag kabupaten/kota di Jatim untuk turun ke Pasar dan supermarket serta mensosialisasikan ke para pedagang agar tidak menjualnya lagi.

“Segera mungkin kami (Komisi B) akan panggil Kepala Disperindag Jatim untuk melakukan koordinasi dan menarik produk makanan yang berbahaya itu,” ujarnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close