EkonomiPolitik

DPR Setujui Calon Gubernur dan Deputi Gubernur BI

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Rapat Paripurna DPR RI DI Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (3/4/2018) menyetujui penetapan Perry Warjiyo sebagai Calon Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023 dan Doddy Budi Waluyo sebagai Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia pada periode yang sama.

Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jabatan Gubernur dan Deputi Gubernur Bank Indonesia diusulkan dan diangkat oleh Presiden RI dengan persetujuan DPR RI.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir menyerahkan hasil laporan penetapan Calon Gubernur BI dan Calon Deputi Gubernur BI terpilih kepada Pimpinan Sidang Paripurna, Taufik Kurniawan.

Achmad Hafisz Tohir mengatakan, setelah mendengarkan masukan, saran dan pendapat dari seluruh fraksi, rapat internal Komisi XI DPR RI memutuskan secara musyawarah mufakat untuk menetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023 dan Doddy Budi Waluyo sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023.

“Kami mengharapkan agar Calon Gubernur Bank Indonesia dan Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia terpilih dapat menjaga stabilitas perekonomian nasional dalam menghadapi adanya potensi gejolak ekonomi global,” kata politisi PAN itu.

Stabilitas perekonomian tersebut harus dilakukan dengan kebijakan moneter yang dititikberatkan pada upaya untuk memelihara stabilitas nilai rupiah, lanjutnya. Calon Gubernur dan Deputi BI terpilih diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dengan pemerintah, OJK, dan DPR RI terkait dengan kebijakan BI di bidang moneter, makroprudensi, dan sistem pembayaran dengan tetap menjaga independensi BI.

“DPR juga berharap agar kebijakan-kebijakan Bank Indonesia ke depan dapat memberikan dampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan dan mengatasi permasalahan kesenjangan ekonomi di Indonesia,” pungkasnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close