Nasional

DPR: Ombudsman Harus Jelaskan Temuan Tenaga Kerja Asing

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ombudsman diminta menjelaskan secara terbuka kepada publik atas temuannya bahwa setiap hari 70 persen penerbangan menuju Bandara Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, berisi tenaga kerja asing (TKA) ilegal.

“Saya minta kepada Ombudsman jika memiliki data, agar dibuka dan diserahkan kepada Komisi IX dan Komisi III DPR,” kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Ia menambahkan, agar pihaknya dapat segera memanggil pihak-pihak terkait untuk mendapat penjelasan dan klarifikasi serta mendapatkan solusi permanen terkait penanganan TKA.

Malau data yang diungkapkan Ombudsman itu benar, lanjutnya, maka itu sangat mengejutkan lembaga tersebut harus mampu membuktikannya.

Bambang tidak menutup mata bahwa masih ditemukan TKA ilegal dari berbagai negara yang masuk ke Indonesia namun jumlahnya tidak banyak dan sudah ditindak oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi maupun aparat hukum lainnya.

“Keberadaan TKA ilegal tidak hanya dihadapi Indonesia namun berbagai negara lain juga menghadapi hal serupa. Kita tidak perlu khawatir karena saya yakin Ditjen Imigrasi sudah bekerja profesional, aparat dan perangkat hukum kita juga sangat tegas menindaknya,” ujarnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close