Nasional

DPR Minta Rapid Test Digelar Rutin di Sekolah Asrama

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekolah-sekolah asrama yang bekerja sama dengan pemerintah diminta untuk menggelar rapid test Covid-19 secara rutin. Hal ini menyusul Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD) di Bandung yang menjadi klaster baru Covid-19.

“Pengecekan secara acak dan berkala melalui rapid test atau PCR/TCM tentunya rutin dilakukan secara periodik seminggu atau dua minggu sekali untuk memastikan apakah komunitas asrama masih aman atau ada yang terjangkit,” kata Wakil Ketua Komisi IX DPR, Melki Laka Lena, dalam keterangan tertulis, Jumat (10/7/2020).

Lingkungan sekolah asrama yang tertutup dengan interaksi secara rutin, lanjutnya, memiliki potensi penularan Covid-19 yang tinggi.

Karena itu, Melki mengatakan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di lokasi tersebut harus dilakukan ketat dengan teknis pelaksanaan yang konkret. Sebab, kondisi dan imunitas seseorang bisa berbeda-beda.

“Protokol kesehatan harus dibuat lebih detail, jelas, dan konkret dan harus diberlakukan jauh lebih ketat dan disiplin,” tuturnya.

“Jaga jarak, cuci tangan gunakan sabun, pakai masker harus jadi kebiasaan dalam hidup sehari-hari,” lanjut Melki.

Ia pun berharap kasus penularan Covid-19 di lingkungan asrama seperti yang terjadi di Secapa AD dapat diminimalisasi.

Melki meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memantau klaster Secapa AD secara ketat.

“Dibantu oleh pemda atau Gugus Tugas, sehingga pelajaran kasus Secapa TNI AD bisa dihindari di waktu mendatang,” ucapnya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close