Nasional

DPR Minta BPJSK dan RS Proaktif Selesaikan Akreditasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJSK) mencatat sebanyak 271 rumah sakit (RS) yang menjadi mitra belum terakreditasi hingga per 22 April 2019. Padahal, akreditasi RS menjadi syarat mutlak untuk tetap melanjutkan kerja sama dengan BPJSK.

“DPR mendorong mitra BPJSK yang belum mempunyai akreditasi agar segera mengurus dan menyelesaikan persyaratan administrasi agar RS-nya terakreditasi sebelum 30 Juni,” tegas Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Jumat (3/5/2019).

Bamsoet meminta BPJSK dan RS mitra berkoordinasi dalam memberikan pelayanan kepada pasien, agar pasien tidak dirugikan dalam menerapkan peraturan kewajiban akreditasi tersebut;

Karena itu dia mengimbau BPJSK segera menginformasikan kepada masyarakat daftar RS yang masih bermitra dan yang sudah tidak bermitra lagi, agar masyarakat terutama bagi pasien yang akan berobat dapat mengetahui RS yang akan dituju.

“Jadi, BPJSK dan RS harus sama-sama proaktif agar semua RS mitra BPJSK terakreditasi,” pungkasnya.

Sebelumnya Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan BPJS Kesehatan Budi Mohammad Arief mengatakan, dari 2.202 RS atau Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang jadi mitra BPJS Kesehatan, masih ada ratusan R yang belum terakreditasi.

“Awalnya pada Desember 2018 masih ada 720 RS kerja sama yang belum terakreditasi. Kemudian tren RS mitra BPJS Kesehatan yang belum terakreditasi terus menurun menjadi 271 RS hingga 22 April 2019,” katanya di Jakarta, Kamis (2/5). (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close