Nasional

DPR: Lawan Propaganda OPM di Forum Internasional

JAKARTA, SENAYANPOST.com – DPR menilai pernyataan keras Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu merespons tantangan perang dari Organisasi Papua Merdeka (OPM), merupakan hal yang wajar.

DPR juga meyakini, sebagai tentara Ryamizard tentu punya persiapan yang lebih matang untuk memberantas separatisme yang selama ini mengganggu kedaulatan negara. Apalagi bila OPM yang terlebih dahulu memulai perang tersebut.

“Kalau memang ternyata OPM sudah memulai kontak fisik pakai senjata, tentu harus dihadapi,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais, di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Kamis (29/3/2018).

Pada kondisi seperti ini tidak bisa kita membiarkan saja. “Nanti bisa meluas,” katanya.

Namun demikian, wakil ketua umum PAN ini berharap tantangan perang dari OPM tidak hanya dimaknai sebagai perang fisik menggunakan alutsista, tapi juga perang informasi melawan propadanda yang selama ini dilakukan OPM di forum-forum internasional.

Bahkan pihaknya menilai sebagian besar yang dilakukan oleh OPM, itu propadanda yang berdasarkan hoaks.

Sehingga akan lebih tepat bila itu disikapi dengan perang informasi untuk melakukan counter terhadap isu-isu yang dimunculkan oleh gerakan separatis tersebut.

“Saya lebih senang memaknai ajakan perang itu tidak hanya yang sifatnya militer, tapi juga perang informasi dan perang nonfisik yang lain, karena itu sesuai dengan era sekarang,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close