Politik

DPR desak Polri Usut Keterlibatan Asing di Kerusuhan Papua

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pihak asing alias negara lain diduga kuat terlibat dalam kerusuhan yang terjadi di beberapa tempat di Papua. Merespons itu, Komisi III DPR meminta Polri serius mengusut dugaaan itu.

“Kalau Pak Kapolri menangkap indikasi adanya penumpang asing, itu harus diselidiki secara tuntas dan kalau itu kemudian bisa diproses hukum harus ditingkatkan ke penyidikan,” kata anggota Komisi III DPR Arsul Sani di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Arsul menyebut, DPR menaruh perhatian khusus ada kerusuhan yang terjadi di Papua. Dengan dugaan keterlibatan asing, maka setidaknya Kapolri bisa jelaskan itu kepada DPR sehingga tidak menjadi isu liar.

“Pak Kapolri ini kan pimpinan dari lembaga penegak hukum, tidak kemudian statement-statement seperti itu menguap begitu saja, artinya berstatement seperti ini tapi kemudian tidak jelas kebenarannya,” imbuhnya.

Sebelumnya, pernyataan itu disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat HUT Polwan ke-71 di Mapolda Metro Jaya, Minggu (1/9). Meski konteksnya, penyebaran hoaks yang menyertai kerusuhan di Papua.

“Kami sama-sama tahu dari kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di international ya jadi kami harus menanganinya memang di dalam negeri maupun di luar negeri,” kata Tito.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal mempertegas pernyataan Tito itu. Namun dia belum mau merinci pihak asing mana yang dimaksud.

“Ada (dugaan keterlibatan pihak asing), tapi ini kan penanganannya harus komprehensif. Polri tentunya akan koordinasi dengan Kemlu. Intinya enggak bisa kita sampaikan di sini,” ucap Iqbal di Mapolda Metro Jaya, Minggu (1/9).

KOMENTAR
Tags
Show More
Close